Pemkab Lamtim Siapkan Posko Siaga Bencana

LAMPUNG TIMUR – Pemkab Lamtim melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyiapkan empat posko siaga bencana. Keempat posko tersebut tersebar di Kantor Kecamatan Sukadana, Sekampung, Jabung dan Labuhan Maringgai.

“Itu disiapkan untuk membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terkena bencana alam,’ kata Kepala BPBD Kabupaten Lamtim, Mashur Sampurna Jaya, seperti dilansir Lampost.co, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya saat ini kondisi cuaca sedang memasuki puncak musim hujan yang tidak hanya ditandai dengan tingginya intensitas curah hujan yang bisa mengakibatkan banjir, tetapi juga kerap diiringi fenomena cuaca yang cukup ekstrem seperti petir, angin kencang hingga angin puting beliung, dan lain-lain.

Menurut Mashur, wlayah Lamtim termasuk daerah yang cukup rawan bencana alam terutama banjir dan angin puting beliung.

Baca Juga :  Sektor Ekonomi Terdampak Covid-19 Mulai Bangkit Menyerap Kredit

Untuk banjir, 14 dari 24 kecamatan tercatat merupakan wilayah rawan bencana banjir. Ke-14 kecamatan tersebut adalah Sukadana, Way Bungur, Bumi Agung, Batanghari, Labuhan Maringgai, Sekampung Udik, Raman Utara, Waway Karya, Margatiga, Wayjepara, Marga Sekampung, Jabung, Pasir Sakti, Gunungpelindung dan Metrokibang.

“Wilayah tersebut rawan banjir karena sebagian besar berada di daerah aliran sungai (DAS) seperti, Way Sukadana, Way Sekampung, Way Bungur Way Penet, Way Raman dan Way Areng,” jelas dia.

Sementara untuk angin puting beliung, 13 dari 24 wilayah Kecamatan di Lamtim merupakan jalur rawan lintasan angin puting beliung.

Adapun jalur lintasan anging puting beliung di Kabupaten Lamtim itu, pada jalur Utara melintasi wilayah Labuhan Maringgai-Braja Selebah-Way Jepara-Labuhan Ratu-Way Bungur-Pekalongan-Sukadana. Sementara pada jalur Selatan melintasi kecamatan Pasir Sakti-Sebagian Jabung dan Gunung Pelindung-Marga Sekampung-Sekampung Udik-Batanghari.

Baca Juga :  Asisten Administrasi Umum Pemprov Lampung Hadiri Halal Bihalal PD PARFI dan PP Bintang Nyanyi

“Karena itu, khususnya saat puncak musim hujan seperti ini, dimana kerawanan bancana banjir atau angin puting beliung bisa terjadi seaktu-waktu, maka Pemkab Lamtim melalui BPBD mendirikan posko siaga,” ujar dia. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.