Pemerintahan Kalurahan Wonosari akan Seleksi Calon Pangripto

  • Whatsapp
Pemerintahan Kalurahan Wonosari akan Seleksi Calon Pangripto. Foto: ist

Gunungkidul – Pemerintah kalurahan Wonosari kapanewon Wonosari membuka lowongan jabatan Pangripto karena sudah beberapa waktu jabatan tersebut kosong di Kelurahan Wonosari.

Menurut carik wonosari Ubaidilah Aminudin Toyib ditemui wartawan di kantornya memberikan keterangan bahwa Kegiatan di mulai dari pembentukan panitia yang berjumlah 7 orang yang terdiri dari unsur pamong kalurahan, lembaga kalurahan dan tokoh masyarakat. Kemudian akan dilanjutkan dengan sosialisasi pada tanggal 24 juni sampai dengan 30 juni 2021 tentang pengisian jabatan Pangripta tersebut.

Pendaftaran sudah dilaksanakan tanggal 1 hingga 7 juli 2021 terdapat 19 orang pendaftar.dilanjutkan penelitian berkas.

Selanjutnya panitia akan mengumumkan pelamar yang lolos seleksi administrasi dan ditetapkan menjadi Calon Pangripto yang berhak mengikuti ujian, dan akan di umumkan panitia.

Baca Juga :  Petani Gunungkidul Gantung Diri di Puncak Bukit

Carik wonosari memaparkan materi ujian pengisian calon Pangripto berdasar tata tertib yang di tuangkan dalam Peraturan Lurah wonosari yang bernomor 5 tahun 2021 bahwa materi soal ujian calon Pangripto disiapkan oleh Tim Penguji. Materi soal ujian terdiri dari ujian tulis dan ujian praktek. Materi soal ujian tulis meliputi kemampuan di bidang pemerintahan,pembangunan,pemberdayaan masyarakat dan pengetahuan teknis pemerintahan Kalurahan.

Materi soal ujian tulis di bidang pemerintahan meliputi:
Pertama peraturan perundangan yang mengatur penyelenggaraan pemerintahan Kalurahan.
Kedua organisasi pemerintahan Kalurahan.
Ketiga pengelolaan keuangan dan aset. Kalurahan.
Keempat bidang pemerintahan lainnya sesuai kewenangan Kalurahan.

Materi soal ujian tulis di bidang pembangunan meliputi:

Penyusunan perencanaan pembangunan Kalurahan dan pelaksanaan pembangunan Kalurahan serta pertanggungjawaban pelaksanaan pembangunan Kalurahan dan bidang pembangunan lainnya sesuai dengan kewenangan Kalurahan.

Baca Juga :  Dana Desa Tahap I Kalurahan Dadapayu Abaikan Penanganan Covid-19

Materi soal ujian tulis di bidang pemberdayaan masyarakat meliputi:

Organisasi lembaga kemasyarakatan Kalurahan, pemberdayaan kelompok masyarakat Kalurahan,kelembagaan ekonomi Kalurahan dan bidang pemberdayaaan lainnya seusai kewenangan Kalurahan.

Materi soal ujian tulis di bidang pengetahuan teknis pemerintahan Kalurahan meliputi administrasi Kalurahan, pengelolaan keuangan Kalurahan, penyusunan produk hukum Kalurahan dan teknis pengadaan barang dan jasa Kalurahan.

Materi ujian praktek meliputi praktek mengoperasikan komputer berbasis office. Ujian praktek Tim Penguji akan melakukan kerjasama dengan pihak ketiga yang difasilitasi oleh Lurah.

Ujian calon Pangripto oleh Tim Penguji akan dilaksanakan tanggal 15 juli 2021 sekaligus koreksi dan pengumuman hasil ujian calon Pangripto. (Mungkas)

Facebook Comments