Pembina DPP KMDT, DR. Agung Laksono Silaturahmi Dengan DPW KMDT Sumut

  • Whatsapp
Pembina DPP KMDT, DR. Agung Laksono Silaturahmi Dengan DPW KMDT Sumut

MEDAN – Dewan Pembina Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT), DR Agung Laksono Silaturahmi bersama Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Sumatera Utara (Sumut) dalam hal penyampaian hasil pemikiran DPP KMDT untuk pembangunan berkelanjutan di kawasan danau Toba,  di Hotel Aston Medan, Jumat (17/12/2021).

Diawali dengan kata pembukaan koordinator KMDT Sumut Jannes M SE, kata sambutan dari Ketum DPP KMDT St Edison Manurung SH MM, dilanjutkan dengan paparan isu strategis pembangunan berkelanjutan di Caldera Toba, Unesco Global Geopark oleh Ketua Dewan Pakar DPP KMDT Prof. Dr rer. nat. Binari Manurung MSi serta arahan dari Dewan Pembina DPP KMDT DR HR Agung Laksono, serta closing statement dari Sekjen DPP KMDT Prof Dr Drs Sihol Situngkir MBA.

Dalam arahannya, Dewan Pembina DPP KMDT, DR Agung Laksono berterima kasih kepada KMDT yang telah memberikan kesempatan kepada saya dan sangat mengapresiasi dengan kegiatan KMDT. Dia mengatakan bahwa “Yang perlu dilakukan ke depan dalam upaya perpercepatan pembangunan wisata Danau Toba bisa terwujud sebagai salah satu destinasi wisata mendunia di Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga :  Kapolsek Parapat Sosialisasi kamtibmas di SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon

Dijelaskannya, yang sebenarnya Danau Toba memiliki potensi yang sangat besar, namun masih banyak perlu perbaikan-perbaikan, dan kami mendapat informasi agar bisa cepat menyelesaikan hal-hal yang dihadapi.

“Jangan ada halangan tapi bagaimana kita menghapuskan halangan itu baik dengan mrmbuat regulasi, kebudayaan, adat dan sebagainya perlu diselesaikan,” jelasnya.

“Sehingga benar-benar kawasan wisata yang berpotensi milik bangsa kita ini, bisa diwujudkan dengan nyata untuk kemakmuran, kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Sumatera Utara, terlebih khusus masyarakat fibkawasan Danau Toba,” ucapnya.

“Direncanakan kita akan diundang oleh KMDT untuk berkunjung melihat secara langsung kawasan Danau Toba, melihat yang mana saja yg menimbulkan polusi terhadap air Danau Toba itu sendiri,” tambahnya.

“Sebagai dewan pertimbangan Presiden akan turut memberikan masukan kepada presiden Jokowi, beliau seorang presiden yang luar biasa, dan benar-benar mengabdikan diri kepada negara. Tapi juga klau bisa lebih cepat lebih baik, dan tentu tidak bisa beliau sendiri, harus di dukung oleh seluruh masyarakat, pejabat-pejabatnya, aparatur sipil negara, TNI/Polri, dan segenap bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kapolsek Parapat Sosialisasi kamtibmas di SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon

Ditempat yang sama, ketua DPP KMDT St Edison Manurung SH MM, menjelaskan “Kegiatan silahturahmi DR Agung Laksono sebagai pembina KMDT sudah melakukan diskusi dengan dewan pakar telah memaparkan agar kajian-kajian akademik tentang lingkungan danau Toba, percepatan wisata danau Toba, dan juga Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang kebetulan Sekjen DPP KMDT Prof Dr Drs Sihol Situngkir MBA, membidangi SDM unggul, yang rencananya akan melakukan kunjungan kerja bersama KMDT ke kawasan danau Toba,” jelasnya.

“DR Agung Laksono sebagai pembina DPP KMDT dapat melihat langsung bahwa misi KMDT ada dua, yaitu: percepatan wisata danau Toba mendunia dan SDM unggul,” ucapnya

“Harapan dari DR Agung Laksono agar KMDT ini menjadi Loco motif, di harapkan pemerintah untuk mendorong program-program pemerintah yaitu percepatan wisata danau Toba dan SDM unggul. Terimakasih kepada DPW KMDT Sumut yang telah memberi masukkan sehingga DR Agung Laksono sebagai dewan pembina sangat respon dan hal ini akan disampaikan kepada presiden Jokowi,” katanya.

Baca Juga :  Kapolsek Parapat Sosialisasi kamtibmas di SMA Negeri 1 Girsang Sipangan Bolon

“Dan rencananya bulan februari akan beraudensi kepada presiden Jokowi untuk memberikan hasil rakernas pertama dan juga kajian-kajian Akademik yang telah proses pekerjaan dewan pakar DPP KMDT saat ini,”

“Saat ini KMDT sendiri sudah terbentuk di delapan Kabupaten kawasan Danau Toba, bahkan di beberapa provinsi, dari Sabang sampai Merauke, KMDT sudah terbentuk mulai tingkat provinsi, kabupaten, sampai tingkat kecamatan dan tingkat desa, dan direncanakan 20 Desember 2021 akan dilakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Danau Toba, semuanya sebagai bukti bahwa KMDT ikut berperan dan mendukung program pemerintah,” paparnya. (FP)

Pos terkait