Pelatihan Stand Up Komedy Jawa di RM bu Tiwi Semanu

  • Whatsapp
Pelatihan Stand Up Komedy Jawa di RM bu Tiwi Semanu

GUNUNGKIDUL – Pelatihan Up Comedy Jawa di rumah makan bu Tiwi dimulai hari ini 26 hingga 27 November 2021 diselenggarakan oleh Kundha Kabudayan kabupaten Gunungkidul diikuti oleh 3 orang utusan di setiap kapanewon di 18 kapanewon kabupaten Gunungkidul dengan narasumber dari peraih juara stand Up Comedy Jawa di DIY yaitu Yuhnan yusuf.

Menurut Samta, S.Sos,M.AP kabid bahasa dan sastra dari Dinas Kebudayaan atau Kundha Kabudayaan Gunungkidul saat di temu wartawan menjelaskan, kegiatan ini didanai oleh dana keistimewaan Yogyakarta dan pelatihan ini baru pertama kali di Gunungkidul selanjutnya nanti akan diadakan kompetisi Stand Up Comedy di tingkat kabupaten Gunungkidul. Tujuan diadakan pelatihan tersebut adalah melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan Potensi Budaya yang ada terutama budaya bahasa dan sastra. Dalam aturan Stand Up Comedy Jawa tidak diperbolehkan mengandung unsur Sara dan saru. Selain itu Stand Up Comedy juga bisa diartikan dalam bahasa Jawa ” ngudo Roso” kahanan dalam balutan lelucon atau komedi dalam rangka menghibur.

Baca Juga :  Kundha Kabudayan Gunungkidul Gelar Pelatihan Pranatacara

Pada saat pelatihan Yuhnan yusuf memberikan materi tentang pengertian tentang Stand Up Comedy jawa adalah lawakan tunggal yang dilakukan oleh seorang diri dengan cara berbicara di depan banyak orang menyampaikan keresahankeresahan pada diri sendiri. Stand up comedy di Indonesia disebut sebagai komika.

Stand up comedy biasanya dikaitkan dengan komedi cerdas. Sebab, sebagai komika atau pelaku stand up comedy, ia harus membuat materi komedinya terlebih dahulu. Biasanya, komika akan membawakan secara spontan, hafalan, ataupun menghafal beberapa bagian.

Teknik cara Stand up comedy ini sangat penting untuk dikuasai, karena sehebat apapun materi yang di buat, kalau tidak menguasai teknik stand up comedinya atau demam panggung itu semua akan sia sia.

Baca Juga :  Kundha Kabudayan Gunungkidul Gelar Pelatihan Pranatacara

Bagaimana caranya menanggulangi masalah tersebut

1. Percaya diri

2. Kuasai Materi

3. Jadi diri kamu sendiri

4. Jangan terlalu memaksakan untuk menjadi lucu

5. Hindari set up yang panjang

6. Mainkan act out (merupakan gerakan tubuh atau mimik muka yang dimainkan saat membawa materi)

7. Santai dan serius : santai dalam pembawaan dan serius terhadap materi dan act out yang dibawakan. (Mungkas)

Pos terkait