Pelanggaran, Bawaslu Lamsel Proses Balon Bupati Bagi-bagi Beras

  • Whatsapp

Lampung Selatan – Bakal Calon Bupati (Bacabup) Lampung Selatan (Lamsel) yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) Hipni, kedapatan bersama partainya membagikan beras gratis bertempelkan stiker foto dirinya di dua lokasi, Natar dan Jati Agung.

Bawaslu setempat telah menerima laporannya dan berjanji mendalami laporan tersebut. Ketua Bawaslu Lampung Selatan, Hendra Fauzi mengungkapkan pihaknya akan segera menindaklanjuti dan akan melakukan pendalaman terhadap dugaan pelanggaran tersebut.

“Nanti akan kita klarifikasi terlebih dahulu, mungkin dimulai dengan pemanggilan kepada yang bersangkutan dan beserta tim suksesnya,” tandasnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (12/06).

Ia menyayangkan hal tersebut terjadi. Pihakhya akan memproses dugaan pelanggaran ini dengan meminta keterangan dan memperoleh alat bukti agar dapat ditindaklanjuti bagian divisi hukum dan pelanggaran. “Bawaslu akan tetap memproses sesuai UU peraturan yang berlaku, apabila nantinya ditemukan bukti pelanggaran, maka akan kita bahas di divisi hukum dan pelanggaran,” tegasnya.

Baca Juga :  BKKBN Provinsi Lampung Gelar Genre Award 2020

Sebelumnya, Bawaslu Lamsel telah mengeluarkan imbauan melalui surat dengan nomor 051/K.LA-02/PM.00.02/IV/2020 kepada seluruh bakal calon bupati dan wakil bupati Lamsel agar dapat mengedepankan berpolitik santun dan berintegritas dengan tidak memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk berkampanye dan sosialisasi serta meminta tidak memberikan bantuan sosial dengan menyisipkan foto bakal calon.

Dalam imbauan tersebut, Komisioner Bawaslu Kordiv Pengawasan Iwan Hidayat menjelaskan ada 7 poin penyampaian dalam surat tersebut yang subtansinya merupakan dalam rangka menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban pengawasan dalam masa penundaan tahapan.

Beberapa poin yang disampaikan, diantaranya memenuhi SE Bawaslu-RI Nomor: 025UK.BAWASLUIPM.00.00I3/2020 tentang Pengawasan Penundaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  PMI Waykanan Ikuti Perayaan HUT PMI ke-75 Tingkat Nasional

“Kita minta agar dalam memberikan bantuan sosial di tengah pandemi ini untuk tidak menyisipkan dan menempel foto para bakal calon. Maksudnya adalah di tengah bencana wabah ini adalah benar-benar dibutuhkan kebersamaan seluruh pihak untuk menanggulanginya. Jangan malah terkesan aji mumpung, memanfaatkan penderitaan rakyat untuk kepentingan politik,” ujar Iwan. (red)

Facebook Comments