Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Pringsewu Bertambah 7 Orang

  • Whatsapp

Pringsewu – Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Pringsewu bertambah 7 orang. Pernyataan tersebut di sampaikan Juru Bicara Percepatan dan Penangan Covid-19 Kabupaten Pringsewu, dr. Nofli Yurni, Senin (09/11/2020) di Aula Bupati Pringsewu.

Kasus pertama yakni P31 (49) perempuan berdomisili di Kecamatan Sukoharjo, pasien merupakan istri kepala Pekon dimana rumah nya banyak kedatangan tamu.

Berdasarkan keterangan, pasien pernah dirawat di salah satu klinik di wilayah Sukoharjo dangan keluhan pusing, mual, sakit kepala, lemas dengan hipertensi.

“Pada tanggal 5 November, pasien mengeluh sesak napas, kemudian esoknya di bawa ke RS Swasta di Pringsewu, kemudian di lakukan tes swab I, mengingat kamar rawat inap penuh pasien di pindahkan ke RSUD Pringsewu dan pada 6 November hasil swab di ketahui terkonfirmasi positif, saat ini pasien sedang menjalani isolasi di RSUD Pringsewu,”Ungkapan dr. Nofli.

Baca Juga :  Ikhlasgama Adakan Webinar Motivation dan Tryout Secara Daring

Kemudian, lima kasus dari Kecamatan Pringsewu yakni, P32 (43) Laki-laki, P33 (22) perempuan, P34 (10) perempuan, P35 (38)laki-laki dan P36 (31) laki-laki. Kelima pasien memiliki riwayat dan kronologi berbeda.

“P32 dan P33 memiliki kontak erat dari P23, Pada 2 November dan 3 November sampel swab dikirim ke Dinkes Provinsi. Diketahui hasil swab pada 7 November 2020 keduanya terkonfirmas positif.Saat ini keduanya dalam keadaan baik dan menjalani isolasi di rumah,” Tambah dr. Nofli.

Selanjutnya, P34 merupakan hasil tracing P22, dengan kronologi pada 28 Oktober hasil tracing terpantau menjadi kontak erat dengan P22. Kemudian 31 Oktober P34 di laporkan muncul gejala dan di lakukan swab I dan swab II.
“P34 dinyatakan terkonfirmasi setelah hasil swab keluar di tanggal 7 November, saat ini pasien di oarangina mandiri di rumah dengan gejala ringan,” Jelasnya.

Baca Juga :  PC. GPII Balikpapan Terbentuk Dibawah Pimpinan Agus Sudirman

Berikutnya, P35 merupakan tenaga kesehatan di Kabupaten Tanggamus dengan kronologi, pada 27 Oktober mengeluhkan demam dan sakit tenggorokan dan di rawat di salah satu rumah sakit swasta pada 2 November. Kemudian pengambilan sampel swab di lakukan pada 4-5 November.

” Mengingat gejala ringan pihak rumah sakit mengizinkan pasien pulang dan isolasi mandiri di rumah, di tanggal 7 November hasil swab keluar ia dinyatakan terkonfirmasi positif dan keesokan harinya 8 November pasien mengeluhkan sesak nafas dan kembali di rawat di rumah sakit,” Paparnya.

Kemudian, P36 di ketahui menghadiri pesta di Kabupaten Tanggamus pada 22 Oktober, keesokan harinya pasien mengeluh demam, batuk, sakit kepala dan diare. Karena tidak kunjung membaik pada 3 November P36 di bawa kerumah sakit umum kemudian di laporkan ke Dinas Kesehatan untuk swab.
“4 November pasien di ambil sampel swab dan hasil swab pada 7 November pasien di nyatakan terkonfirmasi, saat ini P36 di rawat di rumah sakit, ” Terangnya.

Baca Juga :  Pasca Banjir, Warga Kampung Sidodadi Gotong Royong

Terakhir, P37 (17) perempuan merupakan warga Kecamatan Ambarawa. Pada 30 Oktober mengelehukan demam dan membaik setelah minum obat penurun demam. Kemudian pada 2 November datang kebidan dan melaporkan ke survei lens puskesmas setempat dengan keluhan sakit tenggorokan dan anosmia.

“Pada 3 November di laporkan ke Dinkes dan pengambilan swab pada 4 November, di ketahui dari hasil swab 7 November pasien dinyatakan terkonfirmasi, saat ini pasien menjalankan isolasi mandiri di rumah, ” Tutup dr. Nofli.

Saat ini kasus total yang tercatat di Kabupaten Pringsewu, terkonfimasi positif COVID-19 37 orang, terkonfirmasi sedang isolasi 14 orang, selesai isolasi dan sembuh 23 orang dan suspek 30 orang. (*)

Facebook Comments