Pasca Longsor, Arus Lalu Lintas Jalinbar Batu Kramat Tanggamus Kembali Normal

Tanggamus – Pasca hujan deras di wilayah Kecamatan Kota Agung Timur dan Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus mengakibatkan jalan longsor tepatnya di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Batu Kramat, Rabu (18/5/2022) malam.

Akibatnya longsor tersebut, Jalinbar Batu Kramat tertutup material tanah yang sangat licin disertai bebatuan yang menimbun jalan sehingga menyebabkan menyebabkan arus kendaraan dari arah Kota Agung maupun sebaliknya sedikit terganggu.

Berdasarkan video yang beredar, tampak sejumlah personel gabungan membersihkan material tanah longsor baik secara manual maupun menggunakan alat semprot mobil pemadam kebakaran.

Informasi longsor disampaikan oleh Tasmin Hadi selaku personel Damkar Tanggamus yang menyebut bahwa terjadi longsor dan Damkar Kota Agung berada di batu kramat untuk melakukan penyemprotan, ia juga melampirkan video situasi lokasi.

“Pos kota agung, menuju ke batu keramat. Untuk melakukan penyemprotan lumpur dan material yang menutup jalan,” kata Tasmin Hadi.

Atas peristiwa tersebut, Polres Tanggamus juga telah menerjunkan personelnya guna melaksanakan pengamanan arus lalu lintas dan membantu anggota pemadam kebakaran membersihkan lumpur dengan menyiram jalan menutupi sebagian badan jalan.

Anggota Pos Batu Kramat, Brigpol Ryan mengatakan dalam informasi bahwa longsor terjadi di Jalinbar Batu Kramat hingga menutup sebagian badan jalan sehingga menganggu arus lalu lintas.

“Personel Sat Lantas, Sat Sabhara Polres Tanggamus, TNI bersama Damkar dibantu warga telah melakukan pembersihan jalan. Sehingga arus lalu lintas telah kembali normal,” ucapnya.

Brigpol Ryan mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar tetap berhati-hati saat melintas, mengingat pasca longsor masih licin. “Bagi pengguna jalan agar tetap berhati-hati saat melintas, sebab jalan masih licin,” tutupnya. (fahmi)

Pos terkait