Pasca Lebaran Penjualan Nanas Madu Anjlok hingga 60 Persen

  • Whatsapp
harga nanas madu di Pasar Buah dan Sayur Pemalang mengalami penurunan dibanding sebelum lebaran atau saat bulan puasa kemarin. FOto: Tris

PEMALANG – Pasca lebaran, harga nanas madu di Pasar Buah dan Sayur Pemalang mengalami penurunan dibanding sebelum lebaran atau saat bulan puasa kemarin.

Penjual Nanas Madu di Pasar Buah dan Sayur Pemalang Bowo mengatakan, harga nanas madu kualitas A atau besar dijual dengan harga Rp. 4.500, padahal harga sebelumnya di angka Rp. 5.000 per biji. Kualitas B atau sedang Rp. 2.500, sebelumnya Rp. 3.000 per biji dan kualitas C atau kecil R0p. 1.500, harga sebelumnya Rp. 2.000 per biji. ” Penurunan harga sejak H+1 lebaran hingga sekarang,” ujarnya kepada awak media, Jumat (21/5/2021)

Bowo mengatakan, selain harganya turun, tingkat penjualan juga anjlog, diman saat sebelum lebaran bisa mencapai antara 5.000 – 6.000 biji per hari, sekarang hanya kisaran 2.000 biji per hari. Penjualan nanas madu sepi, tidak seperti saat sebelum lebaran. “Turunnya sekitar 60 persen,” kata Bowo.

Menurutnya, penurunan harga dan tingkat penjualan nanas asli Belik itu terjadi karena konsumen sudah berkurang. Saat sebelum lebaran, banyak konsumen yang selain untuk dikonsumsi langsung juga untuk dibuat selei dan dijual untuk pelengkap jajanan pada saat lebaran. Ibu-ibu atau industribrumah tangga masih ramai memproduksi jajanan dari bahan nanas, sedangkan sekarang mereka sudah berhenti. “Hanya untuk dikonsumi langsung saja dan jumlahnya sudah berkurang,” ucapnya.

Dia mengatakan, akibat harga dan tingkat penjualan yang turun, banyak nanas yang tidak terbeli sehingga terlalu lama dan busuk. Nanas-nanas yang busuk akhirnya dibuang percuma, seiring datangnya kiriman nanas yang baru. “Kemarin banyak yang dibuang,” terang Bowo. (Tris/Rd)

Facebook Comments