Pangkoarmada III Terima Kunjungan Kerja Kepala KPPN Sorong

  • Whatsapp
Pangkoarmada III Terima Kunjungan Kerja Kepala KPPN Sorong. FOto: Ist

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sorong, Paulina Latupeirissa di Markas Panglima Koarmada III, Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis (24/6/2021).

Dalam menerima kunjungan kerja tersebut, Pangkoarmada III didampingi Asisten Perencanaan dan Anggaran Pangkoarmada III Kolonel laut (P) Ridwan Prawira, S.T., M.Han., dan Kepala Akuntansi Mako Koarmada III Letkol Laut (S) Binandita Edi, S., S.T., M.T. Sedangkan Kepala KPPN Sorong didampingi Kepala Seksi Manajemen Satuan Kerja & Kepatuhan Internal (MSKI) KPPN Sorong Eko Prianggono.

Kunjungan kerja Kepala KPPN Sorong ke Koarmada III ini untuk silaturahmi sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat KPPN Sorong yang baru. Pada kesempatan tersebut juga membicarakan rencana penggunaan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI).

Baca Juga :  Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa Peringati Hari HAM

Menurut Kepala KPPN Sorong bahwa Aplikasi SAKTI merupakan aplikasi keuangan negara yang digunakan pada tingkat satuan kerja dengan menerapkan sistem integrasi database dan ber-interface langsung dengan Sistem Anggaran dan Perbendaharaan Negara (SPAN) pada tiap tahap siklus anggaran.

SAKTI mempunyai fungsi utama yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban anggaran. Terdapat tujuh modul pada aplikasi SAKTI yaitu Modul Administrator, Modul Penganggaran, Modul Komitmen, Modul Bendahara, Modul Pembayaran, Modul Persediaan, Modul Aset Tetap, Modul General Ledger dan Pelaporan.

SAKTI nantinya akan menggantikan aplikasi-aplikasi eksisting yang sebelumnya masih menggunakan database terpisah antara lain: RKAKL DIPA, SIMAK BMN, Persediaan, SAS, dan SAIBA. Sebagai gantinya, SAKTI telah menerapkan single database yang dikelola Ditjen Perbendaharaan sebagai administrator. Selain itu, SAKTI juga menggunakan sistem Single Entry Point, yaitu suatu transaksi cukup sekali diinput dan apabila dibutuhkan oleh modul terkait data tersebut akan dipanggil tanpa harus dilakukan penginputan ulang oleh modul yang membutuhkan. (Rilis/Faisal)

Baca Juga :  Rapat Lintas Sektoral, Kapolri Paparkan Strategi Cegah Lonjakan C-19 Saat Nataru

Pos terkait