Pandemi Covid-19, BPK RI Tetap Audit LKPD Tubaba Tahun Anggaran 2019

  • Whatsapp

PANARAGAN — Ditengah pandemi Covid-19, BPK RI Tetap melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten (LKPD) Tulangbawang Barat (Tubaba) tahun anggaran (TA) 2019.

Kepala BPKAD Tubaba, Mirza Irawan menerangkan bahwa proses audit BPK RI Perwakilan Lampung itu dilakukan dari rumah masing-masing. “Proses audit Laporan LKPD Tubaba tahun anggaran 2019 yang dilaksanakan bulan April-Mei 2020, oleh BPK juga memberlakukan proses pelaksanaan pemeriksaan yang dilaksanakan dari rumah masing-masing (work from home),” terang Mirza Irawan melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut dikatakan oleh Mirza Irawan bahwa, BPK RI memandang perlu melakukan kebijakan work from home untuk meminimalisir pertemuan fisik dalam kegiatan pemeriksaan, sebagaimana dirilis dalam siaran pers BPK tanggal 16 Maret 2020 yang lalu.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Instruksikan Pimpinan Tinggi Pratama Jauhi Narkoba

“Menyikapi model pemeriksaan semacam ini, BPKAD sebagai entitas pelaporan yang bertanggungjawab dalam penyusunan Laporan Keuangan, telah menugaskan tim kerja yang akan mengakomodir dan mengkomunikasikan seluruh kebutuhan data dan informasi yang diperlukan dalam proses audit,” jelasnya.

Data-data pertanggung jawaban keuangan yang ada pada seluruh organisasi perangkat daerah akan dikoordinir oleh tim kerja BPKAD untuk selanjutnya disampaikan secara online kepada tim pemeriksa sesuai kebutuhan pemeriksaan.

“Dari hasil audit tersebut, BPK akan memberikan kesimpulan hasil pemeriksaannya dengan memberikan opini, berupa Wajar Tanpa Pengecualian (Unqualified opinion), Wajar Dengan Pengecualian (Qualified opinion) atau Tidak Wajar (Disclemer), kita optimis Tubaba akan dapat meraih opini WTP yang sudah diraih selama selama 8 kali berturut-turut mohon do’a tahun ini insyaallah WTP yang Ke 9,”pungkasnya. (Ed)

Facebook Comments