Ormas Pemuda Pemalang Minta Transparansi Data Penerima Bantuan

  • Whatsapp

PEMALANG – Sejumlah organisasi masyarakat kepemudaan di Kelurahan Purwoharjo, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mendesak Pemerintah Kelurahan Purwoharjo menggelar Musyawarah Kelurahan sejalan adanya dugaan penyalahgunaan penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

Dalam surat tuntutan yang beredar luas di media sosial, elemen kepemudaan yang terdiri dari Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila, Comal Unity dan Ormas Kepemudaan Tim 31 yang lengkap ditandatangani masing-masing ketua atau koordinatornya.

Isi surat edaran tersebut adalah “Kami atas nama Warga Kelurahan Purwoharjo Comal mengharap adanya transparansi data,” tegas mereka yang surat yang ditujukan kepada Camat Comal dan Lurah Purwoharjo tersebut.

Surat tertanggal 4 Mei 2020 menyebutkan dengan tegas meminta pihak kelurahan membuka data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejumlah bantuan. Diantaranya menyangkut transparansi bantuan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Baca Juga :  Hasil Swab Belum Keluar, Kurdi Dimakamkan Dengan Protokol Covid-19

Ormas Kepemudaan Comal juga menuntut dibukanya data Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT), sebab dari laporan dan pantauan dilapangan banyak kekurangan dan tidak menjunjung azas transparansi.

“Tidak adanya keterbukaan dalam setiap pendataan BDT/KPM salah satu contoh tidak tepatnya sasaran bagi penerima (bantuan),” sebutnya.

“Maka dari itu tuntutan kami dalam waktu dalam waktu secepatnya untuk segera dilaksanakan Muskel yang melibatkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, RT/RW dan petugas yang terlibat dalam pemberian bantuan tersebut,” demikian tuntutan sebagaimana dalam surat tersebut.

Surat tersebut ditandatangani masing-masing Ketua Pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Umar AN, Ketua Comal Unity Yudi Nurcahyanto dan Ormas Kepemudaan Tim 31 Ismail Marzuki. (Joko Longkeyang)

Facebook Comments