Optimalisasi Sosialisasi Empat Pilar MPR di Dapil Lampung II, Basur: Empat Pilar Bekal Hadapi Polemik Dimasyarakat

  • Whatsapp

LAMPUNGTENGAH – Anggota DPR RI Bambang Suryadi, mensosialisasi empat pilar MPR RI di Rumah Aspirasi, Kampung Reno Basuki 3, Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Selasa (11/8).

Guru Kader DPP PDI Perjuangan ini mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk membumikan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar MPR RI tersebut kepada masayarakat secara luas.

“Empat pilar yang dimaksud yakni Pancasila yang merupakan pondasi hidup kita sebagai ideologi bernegara, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 sebagai dasar konstitusi bernegara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara berdaulat, dan Bhineka Tunggal Ikha sebagai filosopi keberagaman,” kata dia.

Kegiatan yang dihadiri oleh puluhan tokoh masyarakat dan pemuda itu diselenggarakan dengan protokol kesehatan Covid-19. Semua peserta diwajibkan cuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu tubuh, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak. Anggota Komisi V DPR RI itu menerangkan, sosialisasi 4 pilar dilakukan untuk menyelaraskan antara pengetahuan materi dan implementasi nilai yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Hadiri Grand Final Pemilihan Muli - Mekhanai Lampung 2020

“Peta di luar itu perlu jawaban, bahwa Pancasila itu sebagai dasar negara harus menjadi moral individu dan negara. Karena banyak yang hanya baru mengenal istilah Pancasila, tapi operasionalnya itu belum nyambung. Pengurus partai dan para kader ini kan nanti ada di lapangan. Sosialisasi ini menjadi bekal untuk menghadapi polemik di masyarakat,” terang Basur- sapaan akrab pria kelahiran Blitar ini.

Dia berharap, para kader PDI Perjuangan dan masyarakat yang hadir dapat membumikan ajaran Bung Karno salah satunya Pancasila. Setiap silanya sudah jelas terkandung tentang Ketuhanan yang Maha Esa, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadialan dengan formulasi yang tepat sesuai dengan aline ke IV pembukaan UUD 1945.

Baca Juga :  Minggu Depan, Bustami Zainudin akan Gelar Diskusi Publik Berani Korupsi Pasti Aman

“Misalnya saat menghadapi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang mengalami mutasi ekonomi ke bawah. Tadinya orang mampu mungkin kini tidak mampu, yang tadinya miskin jadi sangat miskin. Maka itu, kita harus ambil bagian turut membantu bergotong royong meringankan beban saudara kita dengan kemampuan yang kita miliki,” kata dia.

Facebook Comments