Ombudsman Ingatkan Kepala Daerah Minimalisir Maladministrasi

  • Whatsapp

Bandarlampung – Ombudsman RI Perwakilan Lampung mengingatkan seluruh kepala daerah di provinsi ini agar dapat meminimalisir maladministrasi atau kelalaian administrasi dalam hal pelayanan publik sebab hal tersebut merupakan pintu masuknya korupsi.

“Karena memang esensi adanya kepala daerah yakni memberikan pelayanan publik. Ini yang sering kami ingatkan kepada gubernur, bupati dan wali kota, di Lampung,” kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Lampung Nur Rachman Yusuf, di Bandarlampung, Kamis, (27/5/2021)

Apalagi, lanjut dia, semua kepala daerah ini sewaktu kampanye selalu mendengungkan atau menggaungkan masalah pelayanan publik kepada masyarakat, sehingga apa yang mereka janjikan dapat dilakukan dengan maksimal.

“Jadi kami harap masalah pelayanan publik ini tidak digaungkan sewaktu kampanye saja, apa yang dijanjikan sewaktu kampanye dapat memberikan hal yang nyata,” kata dia pada acara Penandatangan dan Deklarasi Komitmen Kepala Daerah se-Provinsi Lampung dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik bersama Ombudsman RI Perwakilan Lampung.

Baca Juga :  FKUB Gelar Seminar Metodologi Moderasi Antar Umat Beragama

Nur Rachman mengingatkan jangan sampai saat pihaknya melakukan pengecekan dalam hal pelayanan publik apapun terdapat indikasi maladministrasi sebab itu merupakan pintu masuk korupsi.

“Jadi saya ingatkan kembali jangan sampai KPK masuk memeriksa terkait masalah maladministrasi nanti akan ada penindakan. Lebih baik kepala daerah dapat mengurangi adanya maladministrasi dalam pelayanan publik dan apa yang menjadi janji kampanye dijalankan secara optimal,” ujarnya.

Plt. Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK RI, Syarif Hidayat, mengungkapkan peran KPK dalam permasalahan ini masih dalam hal pencegahan dan monitoring, namun tidak menutup kemungkinan dapat berlanjut pada tahap penindakan.

“Kami baru buka layanan tapi laporan masyarakat sudah banyak. KPK punya platform ‘JAGA’ yang ada di Playstore, di situ publik dapat melaporkan berbagai macam pengaduan,” kata dia.
Ia mengatakan dengan program JAGA ini diharapkan banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi sehingga aduan-aduan publik dapat ditindaklanjuti.

Baca Juga :  Wakili Bupati Pesibar, Rizwar Membuka Acara Sosialisasi Optimalisasi Penyaluran KUR

Sementara itu Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri acara Penandatanganan dan Deklarasi Komitmen Kepala Daerah dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah se-Provinsi Lampung Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, di Swiss-Bell Hotel. Gubernur Arinal dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh Kepala Daerah yang hadir untuk mengingat janji-janji yang didengungkan ketika kampanye, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan publik.

“Saya akan mengajak para Bupati/Walikota karena pelayanan publik merupakan langkah utama menuju sukses. Bagaimana rakyat itu membutuhkan pertolongan, dan menunjukkan Negara hadir di tengah-tengah rakyatnya,” ungkap Gubernur Arinal.

Merujuk UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Gubernur Arinal menyampaikan bahwa keberadaan pemimpin pada pemerintah daerah masing-masing menjadi harapan utama bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan barang publik, jasa publik maupun administrasi publik.

Baca Juga :  Disperkimta, Dinas PUPR dan DPRD Tubaba Optimis Bisa Selesaikan Pembebasan Lahan untuk Pelebaran Jalan

Dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, menurut Gubernur dibutuhkan teamwork yang mampu bekerja efektif dan solutif menciptakan terobosan-terobosan baru dan menghasilkan program-program cerdas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur berharap dengan berkumpulnya seluruh Kepala Daerah di Provinsi Lampung pada kegiatan ini tidak hanya dikarenakan adanya Program Penilaian Kepatuhan Pemerintah Daerah terhadap Pemenuhan Standar Pelayanan Publik tetapi juga menyadari bahwa pelayanan publik yang berkualitas dan pelaksanaannya merupakan kewajiban seluruh Kepala Daerah selaku penyelenggara negara.

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M Bersama Kabag Organisasi, Ari Teguh Prasetyo, S.E., M.M dan Kabag Kerjasama, M. Mersanjaya S.E., M.M turut menghadiri acara Deklarasi tersebut. Tak luput, Wakil Bupati Tulang Bawang Barat, Fauzi Hasan juga menghadiri deklarasi itu. (Sus)

Facebook Comments