Nunggak Pajak, 13 Tempat Usaha Ditempel Stiker

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG- Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam dua hari terakhir telah memasang atau menempel stiker belum bayar pajak di 13 tempat usaha di daerah itu.

“Secara keseluruhan dalam dua hari kami telah datangi 17 lokasi reklame penunggak pajak untuk dipasang stiker, namun 4 di antaranya ada membayar pajak sehingga stiker itu tak jadi dipasang bagi yang bayar,” kata Kasubbid Pengawasan BPPRD Kota Bandarlampung, Ferry Budhiman, di Bandarlampung, Selasa (19/11).

Menurutnya, pemasangan stiker tersebut dilakukan papan reklame para pengusaha itu sudah tak membayar pajak selama lima bulan dan surat teguran yang diberikan oleh pemkot pun tidak diindahkan.

“Sebelum pemasangan stiker kami telah memberikan surat teguran sebanyak tiga kali, namun dari mereka tidak ada penyelesaian maka dilakukan penyegelan ini,” kata dia.

Baca Juga :  Asisten Setprov Wakili Gubernur Hadiri Pelantikan Pengurus DPD AWPI Provinsi Lampung

Ia menjelaskan, pemasangan stiker tidak bayar pajak di reklame adalah baru tahap kedua setelah surat teguran, lalu apabila mereka masih enggan membayar pajak sanksi terberatnya adalah pencopotan reklame tersebut dibarengi penutupan usaha mereka.

Untuk pajak reklame biasanya dihitung berdasarkan jenis dan ukurannya sedangkan untuk pajak hiburan itu dikenakan 40 persen.

“Kita akan terus melakukan kegiatan ini kepada penunggak pajak sesuai instruksi KPK, karena bila dipasangi stiker seperti ini akan ada dampak sosial bagi mereka,” kata dia.

Ia menyebutkan, empat tempat usaha yang langsung membayar pajak ketika akan dipasang stiker tersebut. “Kemudian satu reklame yang akan kami bongkar karena enggan bayar pajak, sedangkan mereka yang dipasang stiker nanti akan dilepas setelah melunasi kewajibannya,” kata dia.

Baca Juga :  Hengki Ahmat Jazuli: Musda AWPI Provinsi Lampung bisa Jadi Barometer AWPI di Seluruh Tanah Air

Ia pun berharap agar pemasangan stiker ini akan memberi efek jera dan pelajaran bagi wajib pajak yang belum menunaikan kewajibannya .

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.