New Normal, Dispar Gunungkidul Simulasi Protokol Kesehatan

Gunungkidul – Simulasi pembukaan pariwisata pantai kukup dan baron di Gunungkidul menyongsong tatanan baru atau new normal oleh Dinas Pariwisata (dispar) Gunungkidul diikuti Pokdarwis setempat dan para pelaku wisata serta disaksikan oleh Bupati Gunungkidul dan ketua DPRD kabupaten Gunungkidul serta pimpinan instansi tingkat kapanewon Tanjungsari, Rabu (17/6).

Menurut kepala dinas pariwisata kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti menjelaskan bahwa acara tersebut sebagai bagian dari penyiapan tatanan baru yaitu new normal di dunia pariwisata yang sebelumnya telah disusun sesuai standar operasional prosedur (SOP) 13 jenis usaha pariwisata dan 60 sub unit jenis usaha pariwisata.

Tujuan simulasi adalah mempraktekkan standar operasional prosedur di tempat pariwisata dan jenis usaha pariwisata lainnya yang mengacu pada protokoler kesehatan yaitu memakai masker tangan dan jaga jarak pengunjung maupun pelaku usaha pariwisata.

Baca Juga :  HUT Bhayangkara ke-74, Presiden Minta Polri-TNI dan Pengawas Pemilu Sukseskan Pilkada Serentak

“Diawali dari pintu masuk retribusi dengan mengecek suhu badan pengunjung dan registrasi data pengunjung dengan menggunakan KTP. Setelah dinyatakan lolos pengecekan maka pengunjung di perbolehkan membeli tiket dan diwajibkan memakai masker. Bahkan sebelum memasuki tempat wisata, pengunjung masih diwajibkan mencuci tangan di dekat pintu masuk obyek wisata dan pengunjung harus tetap menjaga jarak aman, tidak berkerumun,” Ujar Asti.

Setelah simulasi, tahap berikutnya adalah sosialisasi kepada pelaku wisata dengan Zoom meeting agar seluruh pelaku wisata yang ada di Gunungkidul dapat mengikuti dan melaksanakan SOP dengan baik dan benar.

Terkait dengan hal tersebut, Wanto harusno selaku ketua Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJBI) sebagai mitra Dinas Pariwisata Gunungkidul menambahkan, “dengan adanya simulasi ini, kita diharapkan mengenalkan tatanan baru bagi pelaku pariwisata dan mengetahui sejauh mana kesiapan destinasi wisata Gunungkidul dan dapat di pahaminya, ” Kata Wanto.

Baca Juga :  HUT Bhayangkara ke-74, Presiden Minta Polri-TNI dan Pengawas Pemilu Sukseskan Pilkada Serentak

Tentang kesiapan menyongsong era new normal, pokdarwis pantai kukup yang di wakili oleh Wiwik mengungkapkan bahwa Pantai Kukup telah menyiapkan para personil dan komponen dalam menyambut tatanan baru tersebut serta siap melaksanakan SOP yang akan terapkan di obyek wisata pantai kukup. (Mungkas)

Facebook Comments