Nanang Pantau Arus Mudi di Pelabuhan Bakauheni

  • Whatsapp

Lampung Selatan – H-4 menjelan Idul Fitri 1441 Hijriah, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto kembali melakukan tinjauan aktivitas mudik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Selasa (19/5/2020).

Dalam kunjungan kali ini, Nanang didampingi Kapolres Lampung Selatan, AKBP Eddie Purnomo, Kepala Pelaksana BPBD M. Darmawan dan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan dr. Jimmy Baggas Hutapea.

Meski Surat Edaran terkait larangan mudik sudah dikeluarkan sejak 21 April 2020 yang lalu, namun pada kenyataan di lapangan, masih banyak masyarakat yang hendak kembali ke daerah asal atau pulang kampung.

Sejauh mata memandang terlihat suasana pelabuhan penyeberangan, banyaknya warga yang hendak kembali ke daerah asal, tepatnya Dermaga Reguler. Namun demikian tidak seramai seperti musim mudik lebaran sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Bangkit Kembali, GOW Lamsel Diharapkan Bisa Kampanyekan Pola Hidup Bersih

Mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah melakukan berbagai upaya guna memutus mata rantai penyebaran virus corona alias Covid-19.

Seperti mendirikan Posko Check Point, serta membentuk Satuan Tugas Kesehatan gabungan yang terdiri dari petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan petugas kesehatan dari Puskesmas setempat. Tugasnya, melakukan pengecekan kesehatan terhadap penumpang yang akan naik ke kapal di pintu masuk pembelian tiket Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni.

“Tolong Pak Paul (Kepala Puskesmas Bakauheni) mereka ini jangan terlalu lama bertugas, maksimal 4 jam saja. Berganti ship dengan petugas lain,” kata Nanang seraya mengecek petugas yang sedang berjaga.

Baca Juga :  DPRD Lamsel Apresiasi Kinerja Nanang Tanggulangi Covid-19

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, dr. Jimmy menerangkan, petugas kesehatan yang berada di pintu masuk pembelian tiket tersebut bertugas selama 24 jam secara bergantian. Dengan masing-masing ship bekerja selama 4 jam.

“Semua penumpang yang hendak masuk kapal, di cek kesehatannya oleh petugas kita. Baik suhu tubuh maupun Surat Keterangan Sehat dari daerah asal. Mayoritas dari mereka sudah terlebih dahulu dilakukan rapid test di daerah asal dengan hasil negatif,” tutur Jimmy.

Setelah melakukan pemantauan dan peninjauan di Dermaga Reguler Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Bupati Lampung Selatan beserta rombongan melanjutkan peninjauan di Posko Gugus Tugas Covid-19 yang berada di pintu keluar Pelabuhan Bakauheni tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Hadiri Rapat Pembahasan Progres Pembangunan Kawasan Industri dengan Kemenperin

Di posko itu, Nanang Ermanto sempat berbincang bersama petugas jaga sekaligus melakukan cek suhu tubuh dengan menggunkaan thermogun. Nanang juga menyerahkan bantuan suplemen berupa minuman susu beruang dan makanan ringan masing-masing sebanyak 2 kotak.

“Ini suplemen untuk kesehatan tubuh. Jangan diminum sekarang, batal nanti puasanya,” seloroh Nanang Ermanto. (shn)

Facebook Comments