Momentum Harlah Ke-95, PCNU Tanggamus ‘Tanam Pohon Akhirat’

  • Whatsapp

Tanggamus – Bersamaan dengan momentum Hari Lahir (Harlah) Ke-95 Nahdlatul Ulama pada 31 Januari 2021, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tanggamus meluncurkan program Koin Pohon Akhirat.

Program ini merupakan inisiatif dari Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Tanggamus dalam memaksimalkan potensi filantropi di daerah tersebut. Hasil pengumpulan sedekah uang koin di ‘Pohon Akhirat’ melalui kotak koin ini digunakan untuk kepentingan sosial. Pengelolaan Koin Pohon Akhirat ini akan dilakukan secara profesional dan transparan dengan mengedepankan kepentingan dan amanah umat.

‘Penanaman Pohon Akhirat’ NU Tanggamus ini diluncurkan pada Peringatan Harlah Ke-95 NU secara virtual yang dipusatkan di Kantor PCNU Tanggamus, Ahad (31/1). Peluncuran program ini dilakukan oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Tanggamus KH Samsul Hadi bersama jajaran Pengurus PCNU, Badan Otonom dan Lembaga NU setempat. Selain ‘Pohon akhirat’, NU Tanggamus juga meluncurkan Kartu Tanda Anggota NU (KartaNU) sebagai identitas warga NU. Kiai Samsul mengatakan bahwa KartaNU tersebut merupakan jawaban bagi warga NU yang tidak memiliki kartu anggota. Kartanu tersebut bukan hanya sekedar kartu biasa karena di dalamnya banyak fasilitas dan manfaat yang bisa digunakan. “KartaNU ini tidak hanya sebagai bukti tanda pengenal identitas warga NU, tetapi juga berfungsi ganda seperti layanan ATM, e-Toll, dan lain-lain. KartaNU ini memberikan manfaat untuk menabung, alat transaksi keuangan dan pembayaran, sebagai bagian dari ikhtiar khidmah jamiyah kepada umat,” jelasnya.

Baca Juga :  Pengurus Pobsi Bandar Lampung Masa Bhakti 2021-2025 Segera dikukuhkan

Dalam aplikasi KartaNU tersebut juga terdapat fitur bagi pemilik kartu untuk mendapatkan update informasi NU dari situs resmi PBNU yakni NU Online. Kiai Samsul pun mengajak warga NU di daerahnya untuk segera mendaftarkan diri dengan mengunduh aplikasi KartaNU yang tersedia di Playstore atau Appstore. Menandai peluncuran, diserahkan secara simbolis KartaNU kepada Rais Syuriyah PCNU Tanggamus KH Marzuki Amin yang dilanjutkan dengan pelepasan balon. Momentum bangun kedewasaan Pada usia ke-95 NU, Kiai Samsul juga mengajak seluruh elemen bangsa khususnya warga NU untuk semakin dewasa dalam menyikapi permasalahan yang terjadi, apalagi terkait dengan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kami berharap seluruh warga NU di Kabupaten Tanggamus untuk memegang prinsip dan menjalankan nilai dan paham NU dalam kehidupan beragama dan bersosial kemasyarakatan,” ajaknya. Terkait dengan Pandemi Covid-19, ia mengimbau seluruh warga NU untuk terus menerapkan protokol kesehatan untuk memutus dan menekan penyebarannya di Kabupaten Tanggamus. Virus Corona menurutnya bisa diputus penyebarannya dengan saling bekerja sama satu sama lain. ”Semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua,” sambungnya.

Yusuf Setiawan ( Peserta Kelas Jurnalistik NU Online Asal Tanggamus)

Facebook Comments