Menteri Desa PDTT Dialog Akademik dengan Lurah Se-Gunungkidul

  • Whatsapp

Gunungkidul – Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd sebagai Menteri Desa PDTT melaksanakan kunjungan ke kabupaten Gunungkidul, dan mengadakan dialog akademik “Kampus Desa dan Pengembangan Desa” dengan perwakilan Lurah se-Gunungkidul di Tlaga Jonge, Sabtu (27/6).

Dalam Dialog Akademik “Kampus Desa dan Pengembangan Desa” dengan perwakilan Lurah se-Gunungkidul atau forum solidaritas Lurah yang disampaikan oleh Heri Yulianto Lurah Ngloro Saptosari menanyakan beberapa hal permasalahan tentang dana desa, nomenklatur desa di DIY dan regulasinya.

Agenda dilangsungkan di Tlogo Jonge dengan kuota undangan yang terbatas. Yaitu hanya Menteri Desa PDTT, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Rektor UNY ,Bupati Gunungkidul beserta Forkopimda , dan Panewu. Sedangkan lurah yang hadir, jumlahnya dibatasi setiap kapanewon. Pembatasan ini mengacu pada standar protokol kesehatan.

Dalam dialog akademik dengan Lurah bertema “Kampus Desa dan Pengembangan Desa,” Menteri Desa PDTT menjawab tentang pengunaan dana dengan mengacu pada skala prioritas melalu perencanaan di musrenbangdes yang di titik beratkan pada sektor pembagunan dan pemberdayaan.Tentang regulasi yang di gunakan dalam skala prioritas pengunaannya dana desa tentunya merujuk pada Permendes.

kemudian regulasi tentang kelembagaan desa berkaitan dengan Keistimewaan DIY akan dibicarakan dulu dengan pihak terkait karena merupakan permasalahan lintas kementrian.

Selain Dialog di Tlaga Jonge, Menteri Desa PDTT juga mengagendakan kunjungan ke Gua Pindul dan Pantai Indrayanti. (Mungkas)

Facebook Comments