Meningkatnya Kasus Covid-19, Pasar Induk di Pemalang Rubah Jam Operasional

  • Whatsapp
Meningkatnya Kasus Covid-19, Pasar Induk di Pemalang Rubah Jam Operasional. Foto: Ist

Pemalang – Meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Pemalang, seluruh pasar induk di Kabupaten Pemalang akan dirubah jam operasionalnya.

Kepala Unit Pengelola (UP) Pasar Induk Comal Irwanto menyatakan, pihaknya telah menerima edaran dari Diskoperindag perihal adanya perubahan jam operasional bagi pasar. Namun demikian pihaknya belum melakukannya karena masih harus dikoordinasikan dengan Muspika Kecamatan Comal. “Surat edarannya sudah kami terima, tapi actionnya kita nunggu,” ujarnya,Sabtu (26/6) kemarin.

Menurutnya, perlu adanya sosialisasi terlebih dahulu terkait perubahan jam operasional pasar, agar pengunjung, terutama pedagang bisa mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga mereka bisa melakukan kapan harus kulakan, kapan harus menghabiskan dagangannya dan lain-lain. “Kalau ada sosialisasi kan mereka tidak kaget,” kata Irwanto.

Dia mengatakan, sesuai di surat edaran, jam operasional rencananya akan dibatasi dan ditutup jam 14.00 WIB dengan jam buka seperti biasa pukul 06.00 WIB. Lama operasional pasar yang biasanya sampai sore hari nantinya hanya sampai jam 14.00 WIB. “Dalam sepekan nantinya juga adaibur sehari untu dilakukan penyemprotan total,” terangnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi via Whatsapp, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Pemalang Hepi Priyanto membenarkan. Pasar-pasar daerah jam operasionalnya sampai jam 14.00 WIB, dan sehari dalam seminggu libur digunakan untuk penyemprotan. “Ya ini menindaklanjuti edaran bapak bupati atas edaran gubernur,” tegas Hepi, Minggu (27/6).

Dalam pelaksanaannya nanti, katanya, akan dilakukan serentak bagi pasar-pasar yang ada di Kabupaten Pemalang, utamnya induk. Hal itu dilakukan sebanyak upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang dalam rangka menekan penyebaran kasus Covid-19 tang trendnya terus meningkat dalam sepekan terakhir ini. “Minggu depan akan mulai diberlakukan secara serentak,” tandasnya. (tris/rd)

Pos terkait