Maggot Alternatif Pakan Ikan Yang Cukup Murah

  • Whatsapp

BANDAR LAMPUNG, Usaha budidaya ikan air tawar merupakan usaha yang menjadi pilihan banyak petani ikan, permintaan akan konsumsi ikan air tawar selalu meningkat setiap tahun, Ikan air tawar yang permintaannya diantaranya ikan lele, mas dan nila, hal ini menjadi daya tarik untuk mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Pilihan dari budidaya air tawar diantaranya pada usaha perbibitan dan pembesaran ikan dengan ukuran sesuai dengan permintaan konsumen. Usaha budidaya ikan air tawar telah mampu menjadi tumpuan hidup banyak masyarakat karena memberikan keuntungan yang tinggi sehingga bukan lagi menjadi usaha sampingan tetapi menjadi usaha pokok.

Pakan merupakan unsur penting dalam menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan. Usaha pengembangan budidaya perikanan khususnya pada ikan nila, mas dan lele sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan yang cukup dalam jumlah dan kualitasnya untuk mendukung produksi yang lebih maksimal.

Dalam budidaya ikan faktor pakan merupakan komponen biaya terbesar, sekitar 60–70% biaya untuk budidaya pembesaran ikan berasal dari pakan sehingga perlu pengelolaan yang efektif dan efesien salah satu upaya untuk meningkatkan produksi adalah dengan penyediaan pakan berkualitas baik dan murah dari segi ekonomi maupun kualitasnya.

Baca Juga :  Korban Pencabulan Bertambah, Oknum Kakam Edi Marjoko Dilaporkan ke Polda Lampung

Di tengah tingginya pakan ternak, maggot adalah salah satu alternatif pakan ternak yang cukup murah. Magot mengandung protein yang cukup tinggi. Maggot yang berwana kuning pucat bisa dipakai untuk pakan ikan.

Di balik bentuknya yang untuk sebagian orang menjijikan, magot ternyata punya banyak manfaat. Selain berjasa dalam membantu mengolah sampah organik, maggot juga bisa dijadikan pakan alternatif untuk ikan maupun unggas yang mampu menggenjot perikanan budidaya setelah terjadi penurunan angka penangkapan ikan di alam.

Salah satu keunggulan maggot adalah dapat diproduksi dalam berbagai ukuran, sesuai dengan kebutuhan. Penyimpanan maggot pada suhu rendah dapat menghambat pertumbuhan dan mempertahankan kehidupannya.
Produksi maggot pada ukuran kecil dimulai dari penyediaan telur, penetasan, dan pembesaran, pemanenan dan penyimpanan dalam suhu rendah.

Baca Juga :  DPO Narkotika Polres Bintan Tertangkap Di Sumbawa, NTB

Nilai nutrisi maggot pada umur 6-7 hari adalah protein: 60, 2%; lemak: 13, 3%; abu: 7, 7%; karbohidrat: 18, 8%.
Percobaan pemanfaatan maggot sebagai suplemen pakan diujikan terhadap ikan lele ukuran 7, 0±0, 7 g.

Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa pemberian maggot memberikan pertumbuhan dan sintasan yang lebih baik.

Dampak penambahan maggot pada ikan terlihat signifikan terhadap pertumbuhan dan menunjukkan daya tahan tubuh ikan yang lebih baik.

Seorang warga Kelurahan Labuhan Dalam, Kecamatan Tanjung senang, Kota Bandar Lampung. Syerdian Arif Prawira (25) fokus membudidayakan maggot. menurutnya ketika itu, melihat biaya pakan ikan yang ia plihara sangat mahal. sehingga ia berfikir untuk mencari pakan alternatif yang kandungan proteinnya tinggi.

“Saya berfikir dulu banyak yang bilang kalau dikasi bangkai ayam. tetapi itu kan tidak higienis. kemudian keong, selain susah dicari juga susah untuk memisahkan daging dengan cangkangnya”. ungkapnya saat ditemui, minggu (10/11).

Baca Juga :  Polres Tuba Jangan Tebang Pilih Kasus Kakam Cabuli Anak Dibawah Umur

Menurut Syerdian, maggot merupakan pakan alternatif ikan dengan protein tinggi dan biomesin pengolah sampah organik. Pemanfaatan magot sebagai pakan ikan, baik untuk ikan hias maupun ikan konsumsi.

Dalam bentuk tepung, maggot bisa meningkatkan daya tahan tubuh Ikan, mempercepat pertumbuhan, mempercepat kematangan gonad dan memperbaiki kualitas warna ikan.

“Keunggulan magot hidup terletak pada nutrientnya tidak berkurang atau rusak, ikan menjadi cenderung lebih aktif dan memiliki performa lebih baik”, ujarnya.

Ia menambahkan, Sedangkan keuntungan magot kering ada pada masa simpan dan masa pemakaian lebih lama, kandungan nutrient tetap terjaga, dapat diberikan pada ikan dengan berbagai ukuran bukaan mulut dan magot kering dapat dimanfatkan sebagai pakan induk koi dan beberapa jenis ikan predator lainnya.(*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.