LKMA PUAP Gapoktan Sritanjung Tutup Buku

  • Whatsapp

Gunungkidul – Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis Gapoktan Sritanjung kalurahan Kemiri kapanewon Tanjungsari mengadakan rapat anggota tahunan pengelolaan PUAP tahun 2020 dihadiri oleh 50 peserta bertempat di bale kalurahan Kemiri, Senin (4/1/2021).

Dalam sambutannya ketua Gapoktan Marjo Suwito memaparkan bahwa pengelolaan dana PUAP dengan modal awal 100 juta hingga saat ini berkembang menjadi 421 juta hal ini tidak serta merta bisa berjalan mulus, berkat kerja keras pengurus bisa mengembangkan lembaga keuangan tingkat kalurahan tersebut.

kemudian dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Pertanian yang di wakili oleh Wibowo memberikan arahan tentang pengelolaan Lembaga Keuangan Mikro dari perencanaan , pelaksanaan dan kontrol. beliau sangat mengapresiasi atas terlaksananya RAT yang pertama di tahun 2021 se kabupaten Gunung kidul dan merupakan Gapoktan berprestasi se kabupaten Gunungkidul. Dalam pengelolaan kegiatan Gapoktan diharapkan adanya kemitraan dengan pihak lain untuk mengembangkan usaha dan juga di landasi dengan legal formal berbadan hukum.

Baca Juga :  PSHT Ranting Pleret Adakan Bukber

selanjutnya laporan pertanggung jawaban disampaikan oleh suraji bahwa pemanfaat dana PUAP tahun 2020 sejumlah 370 orang terdiri dari usaha pertanian tanaman pangan 258 orang atau 69,8% usaha ternak kambing 62 orang atau 16,8%,usaha rumah tangga 38 orang atau 10,2% dan pedagang kecil 12 orang atau 3,2 %. Pemberian pinjaman pada anggota untuk usaha ternak kambing sebesar 800 ribu dan usaha lainnya sebesar 500 ribu untuk setiap paket pinjaman dengan jasa 1,5 % per bulan diangsur maksimal 12 kali berurutan . (Mungkas)

Facebook Comments