Lingga Kusuma Buka Kejuaraan Pencak Silat Usia 17-23 Tahun Se-Kabupaten Pesisir Barat

  • Whatsapp

Pesisir Barat – Plh. Bupati Kabupaten Pesisir Barat Ir. N Lingga Kusuma membuka Kejuaraan Pencak Silat Kabupaten Pesisir Barat, Sirkuit Tahun 2021 Kejuaraan Pencak Silat Dewasa Usia 17 – 23 Tahun Se – Kabupaten Pesisir Barat 26 – 28 Maret 2021 di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw pada Jum’at 26 Maret 2021.

Turut hadir dalam acara dari perwakilan dari Kementerian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) Bidang Prestasi Olahraga, Rudi Al Aidin, PB IPSI Pusat, Bondan Wirawan, IPSI Provinsi Lampung, Agus Ria, Ketua IPSI Kabupaten Pesibar, Putrawan Jaya Ningrat, perwakilan KONI Pesibar, Dispora Pesibar, Dinas Pariwisata dan para pelatih Persilatan se Pesisir Barat.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pesisir Barat, Putrawan Jaya Ningrat dalam sambutannya mengatakan bahwa Seleksi atlit pencak silat ini dalam rangka untuk mencari bibit – bibit muda. Kejuaraan Pencak Silat oni diikuti dari 5 (Lima) perguruan pencak silat yg ada di Kabupaten Pesisir Barat.

Putrawan Jaya Ningrat berharap, “dengan adanya kejuaraan ini nantinya bisa memunculkan para atlit yang berbakat dan berprestasi. Yang mana nantimya bisa membawa nama baik daerah sampai ke tingkat Nasional bahkan ke tingkat internasional,” ujarnya.

Baca Juga :  Team Dua Kala Hitam Polres Mesuji berhasi Ungkap Kasus Curat

“Pemenang dari seleksi kejuaraan pencak silat ini nantinya aka dikutkan pada ajang lomba kejuaraan tingkat Provinsi Lampung,” jelasnya.

Selain itu, Ketua IPSI Pesisir Barat ini juga mengharapkan support atau dukungan, baik dari PB IPSI Pusat, IPSI Provinsi Lampung dan terutama dari kementerian Pemuda Dan Olahraga, agar olahraga pencak silat di Pesisir Barat bisa berkembang dan para atlit bisa lebih semangat.

Sementara itu sambutan dari Ketua IPSI Provinsi Lampung yang diwakili oleh Ria Agusrin mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dengan digelarnya even ini.

“Karena dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Lampung, Kabupaten Pesisir Barat yang telah berani menggelar even ini. Mudah-mudahan kami dari IPSI Provinsi Lampung bisa mengikuti acara ini hingga selesai selama 3 (Tiga) hari, mulai hari ini tanggal 26 – 28 Maret 2021,” ujarnya.

Baca Juga :  Denpom Lampung Baksos di Monumen Tugu CPM Gajah Mada

Even ini juga dihadiri oleh para juri dari tingkat Nasional, para pelatih silat tingkat Nasional dan para juri dari daerah.

“Even Sirkuit pencak silat ini dibagi dalam 3 (Tiga) zona dan Pesisir Barat masuk dalam zona tiga. Harapan saya, semoga di bulan Juni 2021 nanti Kabupaten Pesisir Barat akan menjadi tuan rumah. Olahraga pencak silat sebagai budaya bangsa dan nantinya akan berkolaborasi dengan sektor pariwisata,” ujarnya.

“Harapan saya jika Kabupaten Pesisir Barat menjadi tuan rumah pada kejuaraan nanti, agar bisa dipusatkan di lokasi objek wisata Tanjung Setia. Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat harusnya merasa bangga karena pada hari ini, untuk pertamakalinya dikunjungi oleh Kementerian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) dan dari PB IPSI Pusat,” tegasnya.

Sementara itu Sambutan dari Kemenpora yang diwakili oleh Ketua Bidang Prestasi Olahraga, Rudi Al Aidin memberikan apresiasi kepada IPSI Pesisir Barat atas terselenggaranya acara ini.

“Pembinaan olahraga harus ada komitnen kerjasama dan sinergitas dengan Pemerintah Daerah. Tidak hanya olahraga pencak silat saja akan tetapi untuk semua Cabang olahraga lainnya. Bagaimana kita mencari atlit berbakat dan berpotensi jika sinergitas tidak terbangun, semua atlit yang mempunyai talenta tidak akan berarti jika sinergitas tidak terbangun dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Hadiri Rakor Evaluasi PPKM Mikro di Provinsi Lampung

Sementara itu Sambutan dari Plh. Bupati Kabupaten Pesisir Barat Ir. N Lingga Kusuma dan sekaligus membuka acara mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan terimasih atas terselenggaranya even ini.

“Pemerintah Daerah sangat konsen dengan semua cabang olahraga dan bukan hanya dgn pencak silat saja. Ke depan kami akan mengevaluasi agar semua cabang olahraga bisa lebih optimal dan bisa melahirkan para atlit yang bisa mengharumkan nama daerah. Saya mengucapkan selamat bertanding, junjung tinggi sportifitas dan gapai prestasi setinggi mungkin. Semoga even ini bisa berjalan dengan lancar, menang kalah hal yang biasa. Yang terpenting melalui IPSI Kabupaten Pesisir Barat , semoga bisa terbentuk SDM atau para atlit yg profesional,” tutup Plh Bupati. (Ndra)

Facebook Comments