Linda Buka Pelatihan Kerajinan Tangan

  • Whatsapp

KRUI– Pjs. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Barat, Linda Chrisna, memimpin Pelatihan Keterampilan Kerajinan Keong di Gedung PKK Kabupaten Pesisir Barat, pada Kamis (15/10).

Linda Chrisna menjelaskan, kerajinan tangan, kerang/keong laut merupakan salah satu kerajinan tangan yang dapat dibuat berupa souvenir berbahan baku kerang.

“Pemilihan kerang laut sebagai bahan usaha karena minim pemanfaatan kerang laut untuk kebutuhan sehari-hari. Bahan baku kerang laut juga cukup banyak tersebar di wilayah pantai, hingga kami miliki ide mengembangkan kerajinan kerang laut tersebut,” jelasnya.

Pesisir Barat merupakan salah satu kabupaten terkenal dengan tujuan wisata, baik bagi masyarakat di wilayah Pesisir Barat maupun masyarakat dari wilayah lain yang berada diluar di Pesisir Barat bahkan hingga turis mancanegara.

Baca Juga :  Gubernur Arinal Lepas Kontingen Lampung untuk Mengikuti Lomba Byarr Indonesia

Hal ini menjadi suatu peluang bagi masyarakat sekitar dalam hal meningkatkan pendapatan melalui pembuatan kerajianan tangan untuk dijual ke wisatawan yang datang berkunjuang ke Kabupaten Pesisir Barat.

Tujuan Pelatihan keterampilan keong Ini sendiri adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat souvenir berbahan dasar kerang atau keong laut.

“Hasil pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam pembuatan kerajianan dan perlu ditingkatkan lagi melalui pelatihan-pelatihan,” ucap Linda.

Untuk meningkatkan keterampilan, nantinya akan mendatangkan pelatih atau dengan cara mengirim mereka ke wilayah yang mempunyai kerajianan tangan dari kerang.

“Produk-produk kerajian yang dapat dihasilkan nantinya antara lain bunga, gantungan kunci dan hiasan rumah lainnya yang dapat dijadikan sebagai souvenir bagi wisatawan yang datang,” ucapnya. (*)

Facebook Comments