Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang Gelar Sholat Id dsn Pemberian Remisi pada Napi

  • Whatsapp

Tanjungpinang,- Bertempat di lapangan serbaguna Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Sholat Idul Fitri 1442 H digelar dengan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Riau Husni Thamrin, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Pejabat Struktural Divisi Pemasyarakatan, Kepala Rupbasan Tanjungpinang serta di hadiri oleh petugas dan warga binaan pemasyarakatan Lapas Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang. (Kamis, 13/05/2021).

Sholat Idul Fitri di mulai pukul 07.00 WIB, bertindak sebagai imam Shalat dan Khatib adalah M. Ridwan, S.Ag, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian remisi khusus keagamaan bagi 2.338 Warga Binaan Pemasyarakatan Di Lapas/Rutan Dan LPKA Se Kepulauan Riau.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Husni Thamrin secara simbolis menyerahkan langsung Remisi Khusus ini kepada perwakilan wbp dengan didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Dwinastiti di lapangan serbaguna Lapas Narkotika Tanjungpinang.

Baca Juga :  Alih Tugas Jabatan dan Mutasi Dua Perwira Polres Tanjungpinang

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan oleh Kepala Kantor Wilayah Husni Thamrin, Menkumham menyampaikan bahwa Sistem Pemasyarakatan bertujuan agar tiap warga binaan dapat menyadari kesalahan yang telah dilakukannya dan tidak mengulangi lagi tindak pidana yang sama.

“ Penyelenggaraan sistem pemasyarakatan menitik beratkan pada usaha perawatan, pembinaan, pendidikan dan bimbingan bagi warga binaan untuk memulihkan kesatuan hubungan hidup antara individu, warga binaan dan masyarakat untuk itu saya harapkan selama saudara saudara menjalani hukuman jangan pernah diartikan sebagai derita melainkan harus disikapi sebagai sarana intropeksi diri “ , ujar Menkumham.

Lebih lanjut dalam sambutannya Menkumham mengatakan Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri adalah salah satu hak yang diberikan oleh negara atas pencapaian warga binaan selama menjalani masa pidana di Lapas/Rutan dan LPKA.

Baca Juga :  Prajurit dan PNS Lantamal IV Tanjungpinang Laksanakan Rapid Test Antigen

“ Dengan adanya Remisi Khusus ini diharapkan mampu memberikan motivasi warga binaan untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan prilaku sehari – hari “, sebutnya.

Kemudian Menkumham menerangkan tentang upaya upaya yang telah dilaksanakan oleh kementeriannya dalam pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Lapas / Rutan dan LPKA melalui program asimilasi dan integrasi.(bd)

Facebook Comments