KWT Jadi Pelopor Diversifikasi Pangan Lokal

0
16

LAMPUNG TENGAH – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto, menghadiri pengukuhkan Forum Komunikasi Kelompok Wanita Tani (KWT) Kecamatan se-Kabupaten Lampung Tengah periode 2019/2024, di Lapangan Kampung Pujodadi, Kecamatan Trimurjo, Rabu (20/11/2019).

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Forum Komunikasi KWT Lamteng, Hj. Ellya Lusiana Loekman. Kegiatan diisi dengan Gebyar Olahan Pangan Sehat 2019, dengan tema “Tingkatkan Konsumsi Pangan Lokal Dukung Kemandirian Pangan”.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lamteng Jumali mengatakan, tujuan dari acara tersebut adalah untuk meningkatkan diversifikasi konsumsi masyarakat berbasis sumber daya lokal, dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang food loss dan food waste, serta melestarikan budaya lokal melalui lnovasi teknologi, dan promosi dengan melaksanakan lomba among-among pincukan/takir.

“Dan Pengukuhan Forum Komukasi KWT Kecamatan ini sebagai agen of change, atau motivator penggerak pembangunan penganekaragaman pangan beragam bergizi seimbang dan aman, yang bersumber dari pangan lokal,” ujarnya.

Sementara Ketua Forum Komunikasi KWT Lamteng Hj. Ellya Lusiana Loekman berharap, dengan telah dikukuhkannya seluruh pengurus KWT kecamatan diharapkan dapat menjalankan tugas sebaik mungkin dalam mencapai kesuksesan organisasi.

“Saya harap KWT kecamatan dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya. Saat ini peran perumpuan dalam proses pembangun disegala lini, baik itu dibidang Pendidikan, Kesehatan, SDM, Ekonomi dan infrastruktur sangat meningkat,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengatakan, KWT adalah sebuah kelompok yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian, seperti pembuatan aneka makanan dengan bahan baku hasil pertanian lokal.

“Saya harap, setelah dikukuhkan kelompok ini menjadi semakin kompak, aktif dan kreatif dalam menjalankan usahanya, sehingga produk yang dihasilkan nantinya dapat bersaing dan berdaya jual di kalangan masyarakat luas,” ujarnya.

“Mudah-mudahan dangan kebersamaan kita, Kabupaten Lampung Tengah dapat menjadi daerah terhebat di Provinsi Lampung, sepanjang kita mau berkejasma dalam bergotong royong. Saya tidak akan pernah capek untuk menghidupkan gotong royong. Sudah banyak prestasi dan penghargaan yang kita peroleh di tingkat nasional. Ayo berkarya untuk memajukan Lamteng lebih baik lagi kedepannya,” tandasnya. (Dodi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here