KRI Pollux -935 Resmi Perkuat Jajaran TNI AL 

  • Whatsapp
Kasal mengukuhkan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy, S.Si.T., M.Tr.Opsla sebagai Komandan KRI Pollux-935

Batam– KRI Pollux-935 hari ini secara resmi memperkuat jajaran TNI Angkatan Laut. Hal tersebut ditandai dalam suatu upacara serah terima, peresmian serta pengukuhan Komandan KRI Pollux-935, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang berlangsung di Galangan Kapal PT. Karimun Anugerah Sejati Tanjung Uncang Batam Kepulauan Riau, Kamis (05/08/2021).

Kapal jenis PC 40 meter ini adalah murni hasil karya anak bangsa yaitu PT. Karimun Anugerah Abadi Tanjung Uncang Batam.

Secara resmi KRI Pollux-935 diserahterimakan dari PT. Karimun Anugerah Abadi Sejahtera kepada TNI Angkatan Laut dalam suatu upacara militer yang dipimpin langsung oleh Kasal.

Baca Juga :  Dewi Kumalasari Ansar Lantik Bunda PAUD dan Dekranasda Natuna 

Usai pelaksanaan serah terima, Kasal mengukuhkan Mayor Laut (P) Tomy Ronaldy, S.Si.T., M.Tr.Opsla sebagai Komandan KRI Pollux-935 yang nantinya akan memperkuat Pushidrosal di Jakarta.

Kasal mengungkapkan “Pemberian nama kapal Pollux berdasarkan nama bintang yang paling terang dan mudah dikenali dalam rasi bintang Gemini, yang juga merupakan salah satu dari 20 bintang paling terang dilangit,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, “Pembangunan kapal PC 40 meter ini tentunya memiliki makna sangat strategis bagi industri pertahanan Nasional, hal ini dibuktikan PT. KAS yang telah berhasil dalam pengembangan teknologi industri pertahanan bagi kepentingan Nasional, yang mampu menjadi solusi dalam upaya mengurangi ketergantungan dari Negara lain dalam rangka pengadaan Alutsista TNI Angkatan Laut dimasa mendatang,” jelasnya.

Baca Juga :  Polres Bintan Gelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443H

Kasal memaparkan, “Luasnya perairan Indonesia yang perlu disurvey, membutuhkan kapal survey yang tidak sedikit, untuk itu pengadaan kapal PC 40 M yang berfungsi sebagai kapal bantu menjadi solusi dalam pemenuhan kebutuhan tersebut,” paparnya.

Ia melanjutkan, “Ini merupakan suatu prestasi dan pertama kali bagi industri kapal dalam negeri untuk membuat kapal survey, karena sebelumnya untuk kapal-kapal survey TNI Angkatan Laut pembangunannya selalu dibuat di luar negeri,” pungkas Kasal. (BD)

 

Pos terkait