KPU Pesibar Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pilkada Tahun 2020

  • Whatsapp

Pesisir Barat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan hasil Pilkada Pesisir Barat tahun 2020.

Rapat Pleno Penetapan hasil Pilkada 2020 bertempat di gedung Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw Labuhan Jukung Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, pada Sabtu 20 Maret 2021.

Dalam rapat Pleno tersebut diumumkan hasil perolehan suara dari Paslon nomor urut 01 Pieter – Fahrurrazi dengan perolehan 12.381 suara, Paslon nomor urut 02 Aria Lukita Budiwan – Erlina dengan perolehan 35.353 suara dan paslon nomor urut 03 Agus Istiqlal – A.Zulqoini Syarif dengan perolehan 41.234 suara.

Hal tersebut berdasarkan keputusan KPU Kabupaten Pesibar Nomor : 395/PL.02.6-Kpt/1813/KPU-Kab/XII/2020, tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesbar tahun 2020, tanggal 15 Desember 2020.

Penetapan paslon Bupati dan Wakil Bupati Pesibar terpilih sebelumnya yang sempat tertunda karena adanya Perkara Hasil Pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK).
Hadir pada pleno tersebut Paslon 03 Agus Istiqlal dan A. Zulqoini Sarif , Kapolres Lampung Barat AKBP Rahmat triyadi, Kacabjari Pesisir Barat Indra Gunawan ,Plh Bupati Pesisir Barat Lingga Kusuma, dan perwakilan dari partai – partai pengusung.

Dalam rapat peleno tersbut KPU menetapkan bahwa Calon Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal Dan A. Zulqoini sebagai pemenang dengan hasil perolehan suara terbanyak.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pesisir Barat terpilih Agus Istiglal menyatakan, dalam penetapan ini mari kita bersatu kembali tidak ada lagi bahasa 01, 02, maupun 03.

Mari kita bersama – sama menjadi satu dalam membangun Pesisir Barat ke depannya, buang rasa permusuhan dan persaingan dalam pemilihan kemarin, ujar Bupati terpilih.

Sementara itu Ketua KPU Pesisir Barat Marlini mengatakan bahwa dalam putusan ini telah melalui proses yang panjang. Dimana dalam gugatan perselisihan di MK dan dari hasil keputusan MK menyatakan gugatan Pemohon dari calon 02 yang di tolak oleh MK.

Maka kami mengadakan pleno terbuka penetapan pemenang hasil Pilkada tahun 2020 yang mana dimenangkan oleh pasangan calon no 03 Agus Istiqlal dan A.Zulqoini Sarif, ungkapnya.

“ Untuk pelantikan,  kita masih menunggu hasil rekomendasi dari DPRD Pesisir Barat yang akan disampaikan kepada Mendagri, “ pungkas Marlini. (*)

Facebook Comments