Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu Bagikan Puluhan Ribu Bibit Tanaman Tanaman Keras dan Buah

  • Whatsapp
Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu Bagikan Puluhan ribu bibit tanaman keras dan buah

PRINGSEWU – Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu membagikan puluhan ribu bibit aneka tanaman keras dan buah yang bisa didapatkan masyarakat secara gratis.

Pembagian bibit gratis ini merupakan program Rumah Aspirasi milik Sudin yang notabene Anggota DPR RI Dapil Lampung.

Ketua Boemiku Hijau Kabupaten Pringsewu Bambang Kurniawan mengatakan, launching perdana bibit gratis ke kelompok tani, kelompok wanita tani dan warga ini sudah hampir 65 persen dari target 30 ribu bibit pohon.

“Ada bibit pohon pinang batara, alpukat, akasia daun lebar, sirsak, dan gaharu. Sudah hampir 19.500 bibit yang mulai kami salurkan,” ungkapnya, Rabu (22/12/2021) di Kebun Bibit Rakyat, Pekon Adiluwih, Kecamatan Adiluwih.

Baca Juga :  Pemkab Pringsewu Ajukan Ranperda Penyertaan Modal BUMD dan Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung

Lebih lanjut ia mengatakan, permintaan bibit paling banyak yakni bibit pohon alpukat dan pinang.

“Jadi target bibit alpukat itu hanya 5000, namun permintaan hampir 7000, sama dengan pinang,” tambahnya.

Tak hanya berhenti di situ saja, Komunitas Boemiku Hijau juga sedang melakukan penyemaian bibit durian dan akasia daun lebar untuk dibagikan ke masyarakat.

“Mudah-mudahan bibit yang kami bagikan bisa tumbuh dan dirawat dengan baik, sehingga warga bisa memperoleh penghasilan dari situ. Selain itu, dengan banyaknya pohon yang tumbuh bisa menjaga ketersediaan oksigen di bumi,” lanjutnya.

Kepala Pekon Adiluwih, Dedi Sutrisno mengatakan, pihaknya sedang mengkonsep penanaman bibit pohon pinang di masing-masing RT. Selain itu, lapangan yang lokasinya berdekatan dengan kantor kecamatan setempat juga akan ditanami pohon pinang.

Baca Juga :  Dinas Perikanan Pringsewu Segera Luncurkan Program "Gerbang Ikan Desa"

“Nantinya, kalau pohon pinang tersebut sudah besar dan berbuah, bisa menjadi sumber pemasukan ke masing-masing RT tersebut dan disoundingkan ke Bumdes sehingga bisa meningkatkan PAD pekon,” harapnya.

Nursiah, Ketua KWT Mekar Jaya, Pekon Giri Tunggal, Kecamatan Pagelaran Utara, merasa terbantu dengan adanya bibit gratis yang diberikan Komunitas Boemiku Hijau. Bibit yang didapatkan nanti akan dibagikan ke 30 anggota KWT nya.

“Program ini sangat membantu kami, karena kami tidak pernah dapat bantuan bibit gratis dan sebanyak ini. Terima kasih Komunitas Boemiku Hijau,” ucap dia. (Ndi)

Pos terkait