Kompetisi Bahasa dan Sastra Stand Up Comedy

Kompetisi Bahasa dan Sastra stand up comedy

GUNUNGKIDUL –  Kompetisi bahasa dan sastra Stand Up Comedy kabupaten Gunungkidul dilaksanakan di Bangsal sewokoprojo Pada hari Kamis 9 Desember 2021 yang diikuti oleh 38 peserta dari 18 kapanewon di kabupaten Gunungkidul dengan juri 5 orang cari komedian yang berasal dari Yogyakarta.

Dalam kegiatan ini Samta, S.Sos, MAP kepala seksi bahasa dan Sastra Dinas kebudayaan ( Kundha Kabudayaan) kabupaten Gunungkidul memberikan keterangan sekaligus mengumumkan pemenang kompetisi ini. Materi yang diberikan adalah bertemakan”Aksoro jowo hajayeng bawono” dengan maksud agar aksara jawa di kenal oleh dunia. Selanjutnya pengumuman pemenang kompetisi stand up komedy juara 1 di raih oleh Suratmi dari kapanewon Semin ,juara 2 diraih oleh Suyanto dari kapanewon Patuk juara 3 diraih oleh Wahyu P dari kapanewon Semin juara harapan 1 diraih oleh Aji Saputro dari kapanewon Paliyan dan juara harapan 2 diraih oleh Edi .S dari kapanewon Wonosari.

Baca Juga :  HUT Bayangkara ke 76, Polres Gunungkidul Anjangsana ke Purnawirawan Polri

Ketika diwawancarai awak media salah peserta termuda yang berumur 12 tahun bernama Faisal Lukman Hadi menuturkan tentang kesiapannya menghadapi kompetisi adalah berbekal mental dan pengalaman di atas panggung baik dalam acara wayangan, langgen carito maupun kethoprak namun dalam persiapan materi cukup singkat hanya dalam satu malam. Pelajar yang duduk di bangku SMPN 1 Girisubo ini optimis mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Disela- sela waktu istirahat awak media mewawancarai Anang Batas selaku tim penilai memberikan keterangan secara mental para peserta sangatlah bagus tatapi dalam penguasaan materi yang mereka sampaikan agak kurang mungkin karena keterbatasan waktu pemberian materi. Secara spirit peserta sangat luar biasa hanya mungkin perlu diasah tentang teknik. Dengan demikian Gunungkidul punya potensi besar untuk menciptakan komika- komika baru. Penilaian kompetisi stand up komedy kesesuaian cerita ,alur cerita, penampilan,dan orisinalitas. (Mungkas.RS)

Baca Juga :  HUT Bhayangkara ke 76, Polres Gunungkidul Gelar Khitanan Massal

Pos terkait