Komisi Informasi Provinsi Jambi Lakukan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Publik 2021

  • Whatsapp
Komisi Informasi Provinsi Jambi Lakukan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Publik Tahun 2021

JAMBI – Dalam rangka untuk mengetahui kepatuhan pelaksanaan Undang – undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik di wilayah Provinsi Jambi, Komisi Informasi Provinsi Jambi melakasanakan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik berbasis aplikasi/website (e-monev).

Monev keterbukaan informasi badan publik se-provinsi Jambi tahun 2021 dijadwalkan mulai tanggal 28 September sampai dengan 21 Oktober 2021 yang meliputi tahap registrasi dan pengisian kuesioner secara online pada alamat web e-monev.jambiprov.go.id.

Badan Publik peserta monev dibagi dalam 4 (empat) kategori yaitu:

1. Perangkat Daerah Provinsi Jambi (35 Badan Publik)

2. PPID Utama Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi (11 Badan Publik)

3. Badan Usaha Milik Daerah se-Provinsi Jambi (16 Badan Publik)

Baca Juga :  BBS Didampingi Wakil Ketua DPRD Muaro Jambi Saksikan Semifinal Gubernur Cup

4. Lembaga Pendidikan (SMA Negeri dan SMK Negeri) se-Provinsi Jambi (240 Badan Publik)

Pada pelaksanaannya tidak semua Badan Publik yang sudah terdaftar dapat mengikuti monev secara elektronik melalui website dikarenakan beberapa hal antara lain koneksi internet yang tidak lancar dan tidak turut sertanya dalam sosialisasi (15 September 2021), untuk itu dilakukan visitasi ke Badan Publik guna pengambilan kuesioner secara offline (yang sudah dikirim) sekaligus penilaian tahap akhir dalam bentuk presentasi Badan Publik atas Layanan Keterbukaan Informasi pada Badan Publik yang bersangkutan yang dijadwalkan sampai dengan tanggal 9 Desember 2021.

Final dari kegiatan monev keterbukaan informasi badan publik ini adalah Penganugerahan Badan Publik atas peringkat nilai Keterbukaan Informasi yang pelaksanaannya akan diputuskan pada Pleno Tim Monev tanggal 10 Desember 2021.

Baca Juga :  PTPN Grup peduli Gelar Pasar Murah Warga Terdampak Covid-19

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Informasi Publik dan Statistik Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jambi Sabriyanto, SH, MH, mengatakan keterbukaan informasi publik sangat penting karena merupakan bagian dari penyelenggaraan pelayanan publik yang juga merupakan hak bagi setiap warga negara untuk mendapatkan akses terhadap hak-haknya.

Dalam rangka memenuhi pelayanan informasi yang mudah diakses dan akurat,PPID provinsi Jambi akan terus berupaya melakukan pengelolaan informasi secara baik, konsisten dan bertanggung jawab,” uarnya (RH)

Pos terkait