KMDT Kabupaten Simalungun Dilantik

  • Whatsapp

Parapat, – Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) merupakan alat untuk menjembatani mempercepat pembangunan perekonomian daerah kawasan Danau Toba.

Demikian dikatakan St.Edison Manurung SH.MH pada pidato pelantikan KMDT Kabupaten Simalungun Senin (14/9/2020) di Pantai Bebas Parapat Kabupaten Simalungun.

Dikatakan St.Edison kawasan Danau Toba ditargetkan bisa menjadi daerah wisata kelas dunia dan bisa menjadikan Sumut menjadi sokoguru perekonomian Indonesia.

KMDT Simalungun diharapkan dapat berperab menjaga kearifan lokal Simalungun dan ciri khas setiap daerah.

Mendorong UMKM agar semakin berkembang di kawasan Danau Toba, menjadi tugas KMDT Kabupaten Simalungun ujarnya.

Guna mendukung Danau Toba menjadi destinasi wisata kelas dunia pembelajaran bahasa Mandarin untuk pegiat usaha di Danau Toba perlu dilakukan ujarnya

Baca Juga :  Lembaga Asosiasi Komoditas Pertanian Audensi ke Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun

Rangkaian acara pelantikan KMDT diawali dengan pembacaan SK oleh Bendahara DPP-KMDT Sepri Situmeang dilanjutkan dengan pembacaan janji serta pemberian pataka kepada Hendra Sukmana Sinaga Ketua KMDT Simalungun.

Ketua DPD KMDT Kabupaten Simalungun Hendra Sukma Sinaga SKom, ucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana yang diberikan waktu selama empat hari untuk mempersiapkan segala sesuatu.

Ucapkan terimakasih kepada ketua umum Edison Manurung yang langsung melantik secara langsung, berbeda dengan pelantikan daerah lain yang dilakukan secara virtual.
Untuk memajukan Danau Toba, dibutuhkan kerjasama masyarakat dengan pemerintahan.

Banyak potensi wisata di Simalungun yang diminati wisatawan lokal maupun manca negara, diantaranya Parapat, Tiga Ras, Sipolha, Haranggaol dan Simarjarunjung.

Baca Juga :  Lembaga Asosiasi Komoditas Pertanian Audensi ke Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun

Ketua DPD KMDT Simalungun berharap Ketua DPP KMDT dapat melobi kementrian dan instansi terkait di pusat, untuk membawa ‘kue’ pembangunan ke Danau Toba.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Simalungun Debora Hutasoit menyampaikan pemerintah dan masyarakat wajib untuk mengembangkan kawasan Danau Toba.

Presiden Jokowi sudah menjadikan Danau Toba sebagai salah satu prioritas pengembangan kawasan wisata.
Covid-19 menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Itu akibat kebijkan untuk menangkal penyebaran virus melalui lock down, larangan kunjungan yang mengakibatkan kunjungan wisata menurun drastis.

Adapun susunan kepengurusan lengkap KMDT Kabupaten Simalungun Ketua Umum Hendra Sukmana Sinaga SKom, Sekretaris Umum Maraden Sinaga SH dan Bendahara Umum Andar Abdi Saragih SPd MSi.

Baca Juga :  Lembaga Asosiasi Komoditas Pertanian Audensi ke Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun

Terpilih dan dilantik juga Ketua Bidang Organisasi dan SDM Ir Mistadi Purba, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Sepri Ijon Maujana Saragih SH MH, Ketua Bidang Sumber Daya Dan Lingkungan Hidup Septiaman Purba ST.

Ketua Bidang Pendidikan Dan Kepemudaan Dian G Purba Tambak SE MSi, Ketua Bidang Humas Dan Publikasi Edimancer Saragih SH, Ketua Bidang Koperasi Dan UMKM Arbanus Sinaga, Ketua Bidang Parawisata Rudiarman Purba MPd, Bidang Perempuan dan Anak Frita Evalisna Purba Dasuha.

Masing-masing ketua, sekretaris, bendahara serta ketua bidang, juga diisi para wakil. (tim)

Facebook Comments