KINERJA PENDAMPING DESA DIPERTANYAKAN

  • Whatsapp

Mesuji–Semangat presiden indonesia Ir H joko widodo dalam upaya pemberantasan korupsi antara lain dengan memperketat pengawasan Dana Desa (DD), hal itu terlihat dengan ditempatkannya para pendaping desa, namun akhir akhir ini beberapa elemen masyarakat khususnya di kàbupaten Mesuji mempertanyakan apa saja yang telah diperbuat oleh para pendamping desa tersebut.

Sebagaimana yang diungkapkan Ketua perkumpulan masyarakat pemantau pemilu pembangunan Firdaus Juliantara saat disambangi awak media pada minggu (5/1/2020).

Dikatakan Firdaus, banyaknya kepala desa yang bermasalah terkait dana dasa antara lain juga lantaran kurang efektifnya fungsi pendamping desa.

” kita mungkin sering sekali mendengar kabar tentang kepala desa yang maaf, mungkin ada kelalaian hingga menyebabkan permasalahan tentang dana desa yang mereka kelola, kondisi ini saya pastikan tidak akan terjadi jika para Pendamping Desa benar benar menjalankan tugasnya sesuai koridor yang ada, ” ujarnya.

Baca Juga :  Tak Hanya di PTUN, Penggugat Akan Laporkan Indikasi Mafia Tanah HGU PT. HIM ke Polisi dan KPK

Lebih lanjut pria yang akrap disapa Edo ini juga memaparkan bahwa Pendamping Desa memiliki kewenangan penuh guna mengawal realisasi dana desa.

” bisa dibilang kalau ring satunya dana desa itu ya pendamping desa, maka sebagai pendamping mereka harus berani mengingatkan juga menegur bila kepala desa terindikasi salah dalam pengelolaan DD, ” imbuhnya.

Tak hanya itu, Edo juga mengingatkan agar para pendamping desa berperan lebih terkait pengawalan dana desa.

” sudah semestinya para pendamping desa bekerja lebih giat lagi bukan hanya formalitas diatas kertas, mereka digaji oleh negara bukan sedikit, maka tolong jaga amanah tersebut, jangan sampai keberadaan para pendamping desa hanya sebetas pelengkap guna mencairkan anggaran, namun mereka juga harus dituntut bekerja secara profesional dan proporsional, ” tutupnya.

Baca Juga :  AWPI Dukung Gubernur Arinal Sanksi Perusahaan Beli Singkong Dibawah Rp. 900

Dilain pihak, Eko Suprastio selaku tenaga ahli pendamping Desa Kabupaten Mesuji menjelas bahwa keberadaan pendamping desa guna mengawal implementasi undang undang desa.

” pendamping desa bertugas mengawal implementasi undang undang desa dimana termasuk juga tentang dana desa, mereka direkrut langsung dari kementrian desa, jika dengan dinas PMD kabupaten sifatnya hanya kordinasi, ” jelasnya.

Disinggung terkait sejauhmana peran pendamping desa dalam mengawal dana desa, Eko memaparkan bahwa ada beberapa bagian sesuai pada masing item mulai dari infrastruktur juga pemberkasan.

” kalau dikabupaten ada enam spesialis antara lain bidang insfrastruktur,mengawal pencairan,serta bidang pendidikan dan kesehatan dan lain lain, dikecamatan juga ada begitu juga dengan yang didesa, dimana mereka juga dilibatkan mulai dari perencanaan hingga memastikan bawa kegiatan benar benar berjalan, ” pungkasnya. (do)

Baca Juga :  Gelar Vaksinasi, PKB Pesawaran Komitmen Bergerak Untuk Kemaslahatan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.