Ketua DPRD Lambar Harap Masyarakat Menghayati Nilai-nilai dalam Pancasila

  • Whatsapp

Lampung Barat – Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat Edi Novian.S.Kom mengucapkan Selamat Hari lahirnya Pancaila 1 Juni 2021. Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) serta Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional, maka peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 di tengah masa pandemi Covid-19 dilaksanakan melalui media elektronik, video conference atau dalam jaringan (on-line).

Peringatan Hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2021 mengambil Tema “Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh”.

“Tema Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh, Sejalan dengan komitmen kami di DPRD Kabupaten Lampung Barat selalu menpererat persatuan dan kesatuan untuk Indonesia yang lebih Tangguh,” Ujar Ketua DPRD Lampung Barat.

Baca Juga :  Kondisi Taman Gajah Lampung Tak Terawat

“Diharapkan dengan adanya peringatan kelairan Pancasila , semua lapisan masyarakat yang ada di Lampung Barat lebih mengerti dan menghayati nilai-nilai yang ada di dalamnya.” Tutup Edi.

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Sukarno pada 1 Juni 1945. Yakni saat kemerdekaan Negara Republik Indonesia dari penjajahan secara De Facto dan De Jure. Ditetapkan dari rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Diadakannya sidang pertama tersebut dari 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Rapat dibuka pada tanggal 28 Mei 1945 dan pembahasan dimulai keesokan harinya 29 Mei 1945 dengan tema dasar negara.
Hingga pada 1 Juni 1945, Sukarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamakan Pancasila.

Baca Juga :  Penyidik Dit Polairud Polda Lampung Masih Dalami Pembakaran KM Sekar Tanjung 1

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, bahwa Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni. (*)

Facebook Comments