Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Kunjungi Bersama Didiet Maulana Kunjungi Pengrajin Tenun di Dusun Sailing, Pekon Sumbermulyo

  • Whatsapp
Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Kunjungi Bersama Didiet Maulana Kunjungi Pengrajin Tenun di Dusun Sailing, Pekon Sumbermulyo

Tanggamus — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal, bersama Desainer Nasional Didiet Maulana, dan Pengurus Dekranasda Provinsi Lampung, mengunjungi Pengrajin Tenun di Dusun Sailing, Pekon Sumbermulyo, Kecamatan, Sumberejo, Kabupaten Tanggamus. Rabu (24/11/2021).

Kedatangan Hj. Riana dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus Ny. Nuraini Hamid Lubis, Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati, Kepala Dinas Koperindag, Camat Sumberejo, serta jajaran Dekranasda Tanggamus.

Dalam kesempatan itu, Hj. Riana menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung tenun Lampung yang menurutnya sangat luar biasa dan menginspirasi, serta banyak inovasi yang dilakukan oleh para pengrajin tenun tersebut. Ia berharap kepada para pengrajin dapat lebih semangat, dan dapat lebih berkreasi.

“Karena kita inginnya, tenun Lampung ini tidak hanya pasarnya di Lampung saja. Tetapi kita inginkan pasarnya di skala nasional bahkan internasional. Nah tentu beda pasarnya nasional maupun internasional, tentu harus premium, dan kalau kita lihat itu sangat berpotensi sekali, itu yang harus dijaga,” harapnya.

Baca Juga :  Bupati Dewi Handajani Lepas Peserta Gowes Amal di Pekon Campang

Beliau juga mengungkapkan rasa bangganya atas adanya talenta para penenun muda, yang akan melestarikan kebudayaan Lampung.

“Di tahun depan, Dekranasda Lampung kembali akan berkolaborasi dengan desainer kondang, yakni Didiet Maulana dengan seluruh perajin yang telah dibina dan Misalnya ada salah satu perajin yang bisa membuat tas, dan ada satu perajin yang bisa membuat tapis. Nanti akan berkolaborasi, sehingga tas tersebut ada sentuhan tapisnya, tentunya bentuk dukungan kami, insyallah jika pandemi ini telah usai, akan Saya programkan untuk pameran di Jakarta, dan luar negeri, karena promosi sangat penting,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, menyampaikan rasa gembiranya atas apresiasi dan kunjungan dari Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dan Desainer Didiet Maulana yang telah berkunjung Kepada Pengrajin Tenun di Dusun Sailing, Sumber rejo, Kabupaten Tanggamus ini.

Baca Juga :  Bupati Dewi dan Wakil Tinjau Pembangunan Sejumlah Infrastruktur di Gisting

“Suatu kebanggaan serta peluang bagi Kabupaten Tanggamus telah dikunjungi oleh Ketua Dekranasda dan Desainer kondang Didiet Maulana, untuk lebih memperkenalkan lagi hasil produk kerajinan yang merupakan komoditi budaya asli dari Tanggamus dan melebarkan pangsa pasar baik ditingkat nasional maupun internasional dan kami juga selama ini mendapatkan arahan, kemudian binaan dari Ketua Dekranasda Lampung, dan saya mengucapkan terimakasih kepada pengurus Dekranasda Tanggamus, yang selama ini bersemangat dan bersinergi dengan baik dengan seluruh pihak, sehingga produk kerajinan dari Tanggamus lebih bervariasi lagi, lebih baik lagi kualitasnya, lebih dikenal oleh pangsa pasar lebih luas, sehingga ini pada saatnya nanti, menjadi sumber pendapatan menjanjikan dan meningkatkan taraf kesejahteraan bagi pengrajinnya,” ungkapnya.

Ketua Dekranasda Tanggamus, Nuraini Hamid Lubis, menyampaikan harapannya agar melalui kunjungan tersebut dapat memberikan motivasi dan semangat kepada para pengrajin di Kabupaten Tanggamus.

Baca Juga :  Bupati Dewi Handajani Jadi Narasumber Pelatihan Publik Speaking bagi Kader Posyandu Remaja dan PIKR

“Pengrajin tapis juga ada juga di Talangpadang, Gunung Alip, Pulau Panggung, dan Kecamatan Semaka. Namun kalau khusus Tenun hanya ada di Kecamatan Sumberejo Pekon Sumbermulyo Dusun Sailing,” terangnya.

Didiet Maulana menyampaikan apresiasi kepada Dekranasda Lampung, yang telah memberikan perhatian kepada para pengrajin pemilik UMKM sampai pendampingan, dan promosi berikut mempersiapkan marketing dan dia juga terkesan dengan pelaku tenun, yang menurutnya mulai dari pengurus Dekranasda, pengrajinnya, dan pemilik UMKM, telah selaras dan semangat untuk maju dan mempertahankan kebudayaan.

“Saya berpesan kepada pelaku pengrajin maupun UMKM jangan sampai menyerah. Kalau misalnya ada hasil yang tidak sesuai yang diharapkan itu adalah kerikil disepanjang jalan. Jadi itu hal yang biasa bagi para pelaku UMKM, ada pasang dan surut, tapi yang tidak pernah hilang itu adalah semangat kita dengan terus berkarya, berinovasi dan berusaha,” tutupnya (Fahmi)

Pos terkait