Kerumunan Vaksin Dinkes Provinsi, Eva Dwiana Sesalkan Pemprov Tidak Ada Koordinasi

  • Whatsapp
Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana saat mengarahkan warganya untuk vaksinasi di Puskesmas wilayahnya masing-masing. Foto : Sela

Bandarlampung – Antusiasme warga pada Vaksinasi Covid-19 Massal yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes)Provinsi Lampung membludak. Ribuan Massa berbondong-bondong datangin Kantor Dinkes Provinsi Lampung sejak pukul 05.30 WIB, Sabtu (03/07/2021).

Kegiatan tersebut melanggar protokol kesehatan, pasalnya masyarakat menimbulkan kerumunan dan tidak bisa menjaga jarak. Dari pantauan haluanlampung.com tidak ada prosedur pendaftaran yang baik sehingga warga harus berteriak dan berebut untuk mendapatkan nomor antrian. Hujan yang sempat mengguyur tadi pagi pun tidak menyurutkan niat warga untuk ikut vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Provinsi Lampung Reihana mengatakan, bahwa pihaknya mengalami kesulitan untuk mengatasi antrean masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi.

“Saat ini sudah tidak ada kerumunan, kita mengantisipasinya di awal tadi agak sulit. Tapi sudah kita berikan nomor antrean, yang masuk 500 orang dulu mengantre di tenda, kemudian akan dipanggil lagi bergiliran, ” kata Reihana.

Baca Juga :  Lewat "Sama Rasa" Bagikan Vitamin dan Nutrisi Gratis ke Warga Isoman

Ia menambahkan sebanyak 10 orang peserta dulu ya akan dipanggil untuk memasuki ruangan penyuntikan vaksin. agi peserta yang sudah divaksin akan dilakukan observasi selama 15 menit untuk memastikan tidak ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Sementara itu, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan Kegiatan Vaksinasi tersebut tidak ada koordinasi dengan Pemerintah Kota. “Saya gak tau,(kegiatan vaksinasi :red) saya baru tau tadi pagi ini, tapi tim kita (Satgas Covid-19 Kota Balam: red) sudah kesini duluan” tegasnya

Ia bertindak dengan turun langsung mengarahkan warga Kota Bandar Lampung agar vaksin di masing-masing puskesmas saja. ” Ini warga bunda ya langsung bunda ambil cepet, ” tuturnya.

Baca Juga :  Satlantas Polres Mesuji Bersama Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Lakukan Safety Riding

Khawatir akan menimbulkan klaster baru ia langsung membuka Puskesmas Satelit untuk vaksinasi Warga Kota Bandar Lampung. Menurut Walikota perempuan pertama Bandar Lampung ini Jika menimbulkan klaster baru Kota Bandar Lampung Yang Rugi.

Ia berharap untuk Provinsi Lampung agar menjalin koordinasi dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung supaya bisa menjaga situasi bersama-sama. “Kita ini kan anak Provinsi, jika ada koordinasi bisa kita jaga, kita sebagai yang punya wilayah pasti kita jaga sebaik mungkin agar berjalan dengan baik” katanya. (Sela)

Facebook Comments