Kecamatan Penengahan Komitmen Dukung Program Inovasi Desa

  • Whatsapp

LAMPUNG SELATAN – Desa dituntut dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan kualitas pembangunan sumber daya manusia. Untuk itu, Pemerintah kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, menggelar rapat koordinasi program Inovasi Desa (PID) di aula kecamatan setempat, Selasa (26/11/2019).

“Pembangunan program Inovasi Desa ini berdasarkan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa,” kata Camat Penengahan Erdiyansah.

Menurut dia, bursa inovasi desa tahun 2019 yang masuk APBDes 2020 sudah menjadi komitmen seluruh desa di Kecamatan Penengahan. Namun, tidak mudah untuk membangun secara simultan mencakup seluruh desa dalam program inovasi.

Meski demikian, dia yakin karya-karya inovatif yang dilakukan pemerintah desa dapat terwujud. “Inovasi pembangunan desa mesti terwujud. Inovasi bisa di bidang kewirausahaan, bidang infrastruktur, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Program ini agar dana desa efektif digunakan melaksanakan strategi dan mencapai tujuan pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga :  Pembukaan Musda ke II DPD AWPI Lampung, Ini Pesan Ketum DPP AWPI

Inovasi desa akan menjadi rujukan bagi desa-desa serta merevitalisasi pendampingan. “Kami akan ekspos promosi inovasi dan potensi desa menjadi destinasi wisata alam,” katanya, seperti dilansir Lampost.co.

Camat menambahkan pihaknya juga merencanakan ruang publik wisata atau gerai yang dapat digunakan masyarakat untuk berekreasi. “Kami akan mendorong replikasi yang ada di desa supaya tidak hanya fokus pada kegiatan fisik saja,” katanya. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.