Kebun Raya Liwa Dijadikan Lokasi Praktikum

  • Whatsapp

LAMPUNG BARAT – Kebun Raya Liwa (KRL) kerap dijadikan lokasi praktek lapangan mata kuliah biologi para mahasiswa dari berbagai Universitas. Salah satunya dilakukan 16 mahasiswa Fakultas Pertanian, Jurusan Kehutanan Universitas Lampung (Unila) yang melaksanakan praktek lapangan mulai Sabtu – Minggu, (23-24/11/2019).

Kepala UPT KRL, Sukimin mengatakan kegiatan mahasiswa Unila itu merupakan implementasi atas nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama yang telah dilaksanakan antara Badan Penelitian dan Pengembangan Lampung Barat dan Universitas Lampung tentang penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan praktikum mahasiswa itu dipusatkan di taman hias, taman buah, dan taman araceae kawasan KRL.

“Selain di kawasan KRL itu, mereka juga akan melaksanakan kegiatan di aliran sungai yang ada di sekitar KRL,” katanya, seperti dilansir Lampost.co, Minggu (24/11/2019)

Baca Juga :  Kejari Berikan Bantuan Ambulance Covid-19 ke Pemkab Pringsewu

Kegiatan praktikum tersebut untuk menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan keterampilan bagi para mahasiswa tentang flora dan fauna dan keadaan alam sekitar Kebun Raya Liwa. Kemudian untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi mahasiswa terhadap program konservasi flora dan fauna yang ada di Lampung dan lainnya.

Dosen pendamping Gunardi Djoko Winarno menambahkan KRL dipilih menjadi objek penelitian bagi para mahasiswa karena kondisinya cocok dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ekowisata karena memiliki berbagai jenis koleksi tumbuhan yang merepresentasikan tumbuhan dataran tinggi Sumatera bagian selatan. “Kondisi itu tentu sangat mendukung bagi kegiatan mahasiswa melakukan praktikum dalam rangka menambah ilmu pengetahuan, wawasan, dan keterampilan,” katanya.

Selain dari Fakultas Pertanian Unila pada saat bersamaan 30 mahasiswa FKIP Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro didampingi 3 dosennya juga melaksanakan praktikum lapangan mata kuliah ekologi. Kegiatan praktikum mahasiswa UMM ini dipusatkan di taman araceae dan kebun koleksi KRL. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.