Kebun Edukasi Lamsel Terlihat Ceria Dengan Berbagai Kegiatan Anak Usia Dini

 Keceriaan kembali terlihat di Kebun Edukasi. Sejumlah anak TK. ABA Kalianda, TK. Dharma Wanita Kalianda dan TK. Permata Al-Hikmah mengisi kegiatan bermain di Aula Sebuku, serta taman bermain anak yang berada di Lingkungan Rumah Dinas Bupati, Jum’at (20-1-2022).

Anak-anak terlihat begitu gembira memainkan game yang di pandu oleh guru mereka. Ada game bola-bola, game  tukar kado, juga mewarnai gambar.

Ernawati, Kepala TK. Dharma Wanita Persatuan Kalianda Lampung Selatan mengatakan, kunjungan ke Kebun Edukasi memang merupakan salah satu program belajar di luar ruang kelas. Selain berkunjung  ke Kebun Edukasi, kunjungan ke Radio DBFM juga sudah masuk pada agenda  pembelajaran Tahun 2022.

“Kunjungan ke Kebun Edukasi sudah teragendakan pada program pembelajaran luar ruang,” jelas Ernawati.

Ernawati menjelaskan, metode pembelajaran luar ruang bertujuan untuk mengenalkan kepada anak didik tentang apa kebun edukasi. Karena menurutnya, ada berbagai jenis tanaman di Kebun Edukasi.

“Kita memperkenalkan bahwa di Lampung Selatan ada kebun edukasi. Selain itu, kita juga memperkenalkan kepada anak didik kita berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun edukasi,” kata Ekawati.

“Kita juga memupuk rasa solidaritas diantara anak-anak melalui permainan game, anak-anak terlihat gembira sekali,”tambah Ernawati.

Senada dengan Ernawati, Kepala TK. ABA Kalianda, Herliantina, juga membawa anak didiknya berkunjung ke kebun edukasi untuk belajar sambil bermain.

“Anak-anak TK ini belajarnya sambil bermain. Kita perkenalkan satu persatu tumbuhan yang ada disini,” jelas Herliantina.

“Waktu kami masuk ke Kebun Edukasi, ada berbagai tumbuhan disana. kami perkenalkan yang namanya pohon sirsak, pohon durian, pohon alpukat, buah semangka. Anak-anak tadi juga banyak yang bertanya, itu pohon apa bu? Itu buah apa bu? Kami jelaskan satu  persatu,” jelas Herliantina.

Sementara itu, Kepala TK. Permata Al-Hikmah mengungkapkan sangat bersyukur dengan adanya Kebun Edukasi di Kalianda. Dengan begitu, pihaknya dapat dengan mudah memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai lingkungan sekitar, mulai dari nama tumbuhan dan hewan hingga manfaatnya.

“Alhamdulillah kami disini sangat senang sekali dengan keberadaan Kebun Edukasi di Kalianda, tempatnya dekat sekali untuk memperkenalkan dunia nyata kepada anak-anak kita. Memperkenalkan semua yang ada di Kebun Edukasi, semoga kedepan Kebun Edukasi menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Apakah keriuhan mereka mengganggu suasana Rumah Dinas? tentu saja tidak. Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto pada satu kesempatan mengatakan, Aula Sebuku, Rumah Dinas boleh dipergunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat. Baik itu kegiatan anak TK, kegiatan sanggar tari, maupun kegiatan lainnya.

“Silahkan digunakan Aula Sebuku ini. Mau kegiatan belajar menari, silahkan. Mau kegiatan anak-anak TK, ya silahkan. mau untuk Pra-Wedding juga boleh. Banyak spot foto menarik disekitaran Kebun Edukasi,”jelas Bupati Nanang Ermanto.

“Kebun edukasi ini terbuka untuk umum dan gratis, tidak dipungut biaya bagi masyarakat yang ingin menikmati suasana di Kebun Edukasi,” ujar Nanang Ermanto (KMF).

Pos terkait