Kasus Covid-19 di Pesibar Mulai Menurun

  • Whatsapp
Kabid Pelayanan Dan Sumber Daya Kesehatan, Arfi Julizar

Pesisir Barat – Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) hingga kini mencatat kasus terkonfirmasi Covid-19 mulai melandai. Hal itu berdampak pada kegiatan keramaian di wilayah setempat saat ini bisa dilakukan secara terbatas.

Kabid Pelayanan Dan Sumber Daya Kesehatan Arfi Julizar, mendampingi Kadiskes Pesibar, Tedi Zadmiko, Senin (27/09/2021), mengatakan bahwa tren kasus Covid-19 di Pesibar hingga kini terus menurun.

Bahkan beberapa hari terakhir tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang terjadi serta tidak ada lagi warga yang menjalani isolasi.

“Beberapa hari terakhir kita tidak ada penambahan kasus, sehingga kita berharap kondisi seperti ini terus berlangsung agar Pesibar secepatnya bisa masuk zona hijau penyebaran Covid-19,” kata dia.

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Kunker Ke Pesisir Barat

Dijelaskannya, penurunan angka terkonfirmasi Covid-19, berdampak terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan Pemkab Pesibar yang mulai berangsur pulih, bahkan sudah banyak kegiatan yang dilakukan secara langsung.

“Untuk kegiatan-kegiatan pemerintahan atau kegiatan lainnya yang berkaitan dengan keramaian sudah bisa dilakukan, namun masih secara terbatas dan tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Kendati menurun, pihaknya masih akan tetap melakukan sosialisasi terhadap masyarakat untuk membiasakan diri menjalani kegiatan dengan prokes di tengah pandemi.

“Pelaksanaan testing, treatmen, dan tracing masih kita lakukan jika ada kasus-kasus baru yang terkonfirmasi. Intinya sekarang untuk mengendalikan pandemi ini kita selalu bekerja cepat mencegah dan menangani penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Pesibar Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Pihaknya berharap, kerjasama masyarakat dan stakeholder terkait agar wabah Covid-19 di Pesibar bisa dikendalikan, dengan begitu bukan tidak mungkin Pesibar akan masuk zona hijau penyebaran Covid-19.

“Mudah-mudahan kondisi ini bisa terus berlangsung, sehingga jika ada kasus baru bisa langsung kita lakukan pencegahan agar tidak menular, karena itu kita minta masyarakat untuk bekerjasama dan saling terbuka,” pungkasnya. (*)

Pos terkait