Karo Kesra Harap Program UKS Bukan Hanya untuk Lomba

  • Whatsapp
Karo Kesra Provinsi Lampung, Dia Andari

Bandarlampung – Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Provinsi Lampung, Ria Andari berharap Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bukan hanya untuk lomba. Hal tersebut diungkapkan usai memberi materi pada peserta Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pembina UKS/M Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, di Hotel Kurnia Perdana, Senin (15/11/2021) siang.

“Saya ingin full akhir kita bagaimana program UKS ini bukan hanya untuk lomba, tapi ruhnya betul betul bisa dirasakan di sekolah sekolah, bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat itu menjadi suatu habit (kebiasaan),” ungkapnya.
Ia melanjutkan, “Siapa yang melakukan ini ya sekolah, siapa yang membina dalam hal ini tim pembina UKS kabupaten/kota, tim ini terdiri dari  pemda, Pendidikan, Kemenag, Kesehatan, semua unsur terlibat,”
“Sehingga harapan kita tumbuh kembang anak, betul betul selain dia pintar, selain dia sehat, berakhlak mulia, dan berkarakter, visinya drpd uks itu sendiri,” lanjutnya.
Ria Andari menjelaskan bahwa selama ini UKS hanya Jargon untuk lomba. “Makanya kita hilangkan itu, sama sama kita bina dan saya ingin UKS ini karena tim pembina usaha kesehatan sekolah, jadi tidak dibatasi jadi dari mulai TK sampai SMA/SMK wajib dibina oleh UKS, Provinsi juga membina semuanya Kabupaten/Kota,  Provinsi turun juga membina sehingga harapan kita tahun 2045 Indonesia emas pada saat 100 tahun Indonesia merdeka kita, bisa wujudkan semua itu,” jelasnya.
Ia memaparkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mulai tahun depan akan memberi hadiah sekolah di seluruh Kabupaten/Kota.
“Kita kasih hadiah, tahun depan ada hibah, Pemda memberikan hibah pada sekolah, masing masing Kabupaten/Kota mengajukan dua sekolah untuk melakukan hibah,” pungkasnya. (Sus)
Baca Juga :  Gubernur Lampung Tutup MTQ Ke-48, Tanggamus Juara Umum

Pos terkait