Kapolres Pemalang, Pimpin Penanaman Bibit Rumput Vetiver

  • Whatsapp

PEMALANG – Bertempat di Bukit Gambangan, Dukuh Tumanggal, Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, jajaran Polres Pemalang yang dikomandoi langsung oleh Kapolres Pemalang, AKBP Edy Suranta Sitepu melakukan penanaman 1000 bibit rumput Vetiver pada Selasa (11/2/20) siang. Tujuannya adalah mencegah banjir dan tanah longsor.

Vetiver merupakan jenis rumput yang memiliki sejumlah keistimewaan. Rumput yang berukuran besar ini berfungsi menahan kecepatan aliran air. Selain itu, akarnya memiliki daya cengkeram yang mampu menahan partikel-partikel tanah sehingga dapat mencegah erosi.

Kelestarian ekosistem hayati merupakan urat nadi bagi keseimbangan alam, jelas Kapolres, karenanya harus selalu dipertahankan. Pada momen ini, Kapolres Edy Sitepu berupaya menggelorakan kembali program penghijauan (Reboisasi-red) yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi, kepada masyarakat. Terlebih bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di Pemalang akhir-akhir ini, disinyalir akibat perilaku manusia rakus yang kerap melakukan penebangan liar.

Baca Juga :  Polda Lampung Berhasil Tangkap 140 Preman dan Pelaku Pungli di 64 lokasi Berbeda

“Kita gelorakan program penghijauan lingkungan kepada masyarakat. Hari ini kami mengajak mereka menanam rumput Vetiver sebagaimana yang dicanangkan oleh presiden. Tujuannya adalah mencegah banjir dan erosi. Kalau bukan kita, lantas siapa lagi yang mau perduli,” ujarnya.

Seperti diketahui, wilayah Pemalang Selatan didominasi oleh perbukitan. Kecamatan Watukumpul, Belik dan Moga tercatat sebagai daerah yang paling rawan longsor. Oleh karena itu, Kapolres menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk memulai gerakan penghijauan di wilayahnya masing-masing, guna meminimalisir terjadinya bencana yang serupa.

Sebagai informasi, pada peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon bulan Januari lalu, Kapolres beserta jajarannya telah menanam 1000 bibit pohon Cemara Laut disepanjang Pantai Widuri, tepatnya di depan Makam Syeh Maulana Samsudin.

Baca Juga :  Heboh..!!!! Anggota DPRD Way Kanan Stop Pengiriman Material Proyek Pengerjaan Jalan

“Ya, bulan lalu kita tanam bibit pohon Cemara Laut di Pantai Widuri, bulan depan (Maret-red) kita akan tanam lagi di Pantai Indah Kaliprau, Kecamatan Ulujami. Mari kita gelorakan bersama, Budaya menanam pohon demi kebaikan anak cucu kita dimasa yang datang,” pungkasnya. (Tres/J’S)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.