Kapolres Muaro Jambi Bersama Dandim 0419/Tanjab Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla

  • Whatsapp
Kapolres Muaro Jambi Bersama Dandim 0419/Tanjab Hadiri Rakor Penanggulangan Karhutla. Foto: ist

Tanjab Timur – Dalam antisipasi karhutla, maka dilaksanakan rakor penanganan dan penanggulangan karhutla 2021, yang dilaksanakan di Distrik VII PT. WKS Desa Rantau Karya Kec. Geragai Kab. Tanjab Timur pada Selasa 22/06 pukul 14.00 wib.

Kegiatan rakor dipimpin oleh Kapolres Tanjab Timur AKBP Deden Nurhidayatullah SH SIK dan didampingi Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf. Erwan Susanto, S.I.P*, Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja, S.H, S.IK, serta dihadiri oleh Kabag Ops Polres Tanjab Timur KOMPOL Deni Mulyadi, SE, Kabag Sumda Polres Tanjab Timur KOMPOL Yanepi, Pabung 0419/Tanjab Mayor Inf Marlianus Pasae, Kasat Intelkam Polres Tanjab Timur IPTU Sukman, SH, Kasat Sabhara IPTU Gohan Ramses F Simanjuntak, Danramil Kapten Inf Rudi Marpaung, Kapolsek Geragai AKP Hardi, MH, Kapolsek Dendang IPTU Sudar, SH, Perwakilan PT. WKS Yopi Setiantoro, Perwakilan Perusahaan Perkebunan PT. ATGA an. Andi, Perwakilan Perusahaan Perkebunan PT. DSSP an. A. Rayen, Perwakilan Perusahaan Perkebunan PT. EWF an. M. Najib, Perwakilan Perusahaan Perkebunan PT. Kaswari Unggul an. Supriyatno, 2 personil RPK ( Regu pengendali kebakaran ) PT. WKS.

Baca Juga :  Kapolres Muaro Jambi Pimpin Apel gelar Pasukan Operasi Patuh 2021

Berdasarkan Hasil Rapat StakeHolder tanggal 31 Maret 2021 yakni Membutuhkan Support membuat Aksesibilitas buffer zone HLG Londerang ± 6 Km ( WKS ) , Posko M18 dan “Ujung Timur” di usulkan untuk menjadi Posko/Basecamp Pemantauan HLG Londerang ( WKS ), Membuat Embung penyangga HLG Londerang ( WKS ), Membuat Akses Intech baru di areal Duha dengan Pipaniasi dari sungai Batanghari ke HLG Londerang ( PT. ATGA ), HKM Sidodadi telah membuka akses jalan jika dibutuhkan ( PT. DSSP ), Membuat Embung besar sebagai Potensi Intech dari pasang surut sungai Dendang ( PT. Kaswari Unggul ), Berkolaborasi antara PT. EWF dengan PT. WKS untuk melakukan sekat kanal pada kanal yang membelah HLG Londerang ( PT. EWF ) , Siap Mensupport Kebutuhan Satgas Karhutla berdasarkan proposal Pengajuan ( PT. Petrochina )

Kapolres Tanjab Timur menyampaikan “Agenda ini merumuskan kita tentang strategi bagaimana menjaga hutan lahan gambut londerang tetap basah, sebagai kita ketahui Hutan Londerang Gambut menjadi pusat titik api yang besar pada tahun tahun sebelumnya dan juga lahan gambut sendiri sulit untuk malakukan pemadaman karhutla karena jarak dan akses jalan yang sangat sulit untuk melakukan Pemadaman” ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati dan Kapolres Muaro Jambi Pantau Vaksin Massal, Hampir 2500 Dosis Habis di Kasang Pudak

Dan dilanjutkan penyampaian dari Kapolres Muaro Jambi “Agar PT. EWF melakukan koordinasi dengan pimpinan PT.EWF dan sudah melaksanakan pengecekan di lapangan pada hari Senin tanggal 28 Juni 2021, dan menyediakan eksavator untuk pembuatan kanal atau embung.

Dandim 0419/Tanjab juga menyampaikan “Memahami situasi dilapangan tentang bahayanya kebakaran hutan dan lahan serta bersama sama / berkolaborasi dengan sekuat tenaga menanggulangi karhutla tahun 2021.

Menginginkan realisasi dilapangan dan setiap hasil kegiatan penanganan karhutla harus sesusai kesepakatan.

PT. WKS menjawab “Posisi di areal yang berbatasan dengan HLG Londrang air masih tinggi (banjir) sehingga untuk pembuatan jalan, embung air dan posko di Ma jambi sedikit terkendala, Namun untuk posko Tanjab Timur Sudah siap untuk digunakan”.

Baca Juga :  Anggota DPRD Muaro Jambi, Siti Maimunah Apresiasi Pelaksanaan Serbuan Vaksin di Muaro Jambi

Panyampaian dari PT. ATGA ” kita akan melakukan koordinasi dengan pemilik lahan (Duha) untuk melakukan kolaborasi jalur pipanisasi Intake Air Sungai

Dari pihak PT. DSSP “menunggu koordinasi dan instruksi dari Kapolres untuk penggunaan Alat Berat dalam rangka Mitigasi pencegahan Karhutla”.

Dan pihak PT. Kaswari Unggul menyampaikan juga “Pada lokasi yang akan dibuat embung terpadat surat sanksi administrasi Bupati Kab. Tanjab Timur sehingga pembangunan embung mengalami hambatan”.

Dari PT. EWF memaparkan Bahwa PT. EWF akan berkolaborasi dengan PT. WKS untuk melakukan sekat kanal terkait Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Kegiatan selesai sekira pukul 16.30 Wib, berlangsung aman kondusif, dan akan dilaksanakan pengecekan di tiga Perusahaan Perkebunan yang terdapat diwilayah dekat dengan HLG Londerang Kec. Dendang Pada hari Senin tanggal 28 Juni 2021.

Selama kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) tetap mematuhi protokol kesehatan. (hms/Rh)

Facebook Comments