Kakam Bumi Baru Serahkan Data Warga Meninggal ke KPU Way Kanan

  • Whatsapp
Kakam Bumi Baru serahkan data warga meninggal ke Ketua KPU Way Kanan

Way Kanan – KPU Way Kanan menerima data warga yang meninggal dunia dari Kepala Kampung (Kakam) Bumi Baru, Abdullah Candra Kurniawan, di Ruang Ketua KPU Way Kanan di Blambangan Umpu, Kamis (05/08/2021).

Candra Kurniawan yang juga Ketua Karang Taruna Way Kanan, diterima Ketua KPU Way Kanan, Refki Dharmawan didampingi Sekretaris, Arifin menyerahkan data warganya yang meninggal dunia periode 2020 – 2021 yang tercatat sebanyak 18 orang. Data tersebut diserahkan dalam rangka mendukung KPU dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sehingga data pemilih nantinya semakin akurat.

Ditempat yang sama, Ketua KPU, Refki Dharmawan mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi bantuan data dari Kepala Kampung Bumi Baru, dimana data tersebut akan menjadi dasar KPU dalam memutakhirkan data pemilih sehingga terhadap warga yang meninggal dunia ini sudah tidak ada lagi dalam daftar pemilih.

Baca Juga :  Sambut Hari Listrik Nasional ke 76, PLN Peduli Bedah 6 Rumah Purnakarya

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh Kepala Kampung dan Lurah se-Kabupaten Way Kanan untuk meminta data warga yang sudah meninggal dunia. KPU juga berkordinasi dengan APDESI Way Kanan.

Hal tersebut sebagai upaya KPU dengan berkordinasi lintas sektor dan lintas lembaga untuk memperoleh data ini.
Dikatakan Refki, bahwa pemutakhiran data berkelanjutan ini memerlukan dukungan lintas sektor, sehingga KPU melakukan upaya kordinasi dengan berbagai pihak untuk memperoleh data pendukung. Namun demikian masyarakat dapat mengecek data dirinya melalui aplikasi CEK DATA PEMILIH.

Jika ada warga yang mengalami perubahan elemen data kependudukannya seperti masuk menjadi Pemilih Baru karena telah memasuki usia 17 tahun atau sudah menikah atau telah pensiun dari TNI-Polri. Juga misalnya ada warga yang Tidak Memenuhi Syarat sebagai pemilih karena meninggal, ganda, dibawah umur, pindah domisili, warga tidak dikenal, menjadi TNI, menjadi Polri, dan bukan penduduk dapat dilaporkan melalui link http://bit.ly/pemilihwaykanan. (Yoni)

Baca Juga :  Ratusan Warga Antusias Berbelanja di Operasi Pangan Murah yang Digelar ACT Bandar Lampung

Pos terkait