Kadis Koperasi dan UKM Lampung Adakan Pelatihan Pembukuan Koperasi di Baradatu

  • Whatsapp

Way Kanan – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Dr. Agus Nompitu S.E., M.TP baru pertama kali adakan program pelatihan pembukuan Koperasi di sektor rill selama 4 hari dimulai Senin sampai Kamis, yang bertempat di ALMER HOMESTAY Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan, Senin (5/10/2020).

Acara pelatihan di hadiri oleh Pjs Bupati Way Kanan yang di wakili oleh Asisten II Bapak Ir. Kussarwono.MT. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Way Kanan di wakili oleh Sekretaris Dinas Koperasi Ir. Edyansah Kepala UPTD Balai Pelatihan Koperasi Anca Oktavianus, Pasilitator sekaligus Accesor Ir.Pahala Tampu Bolon.MM. serta Kabid pemberdayaan & pengembangan Koperasi Dedi Iskandar.SH, beserta Staf jajaran dari Dinas Koperasi dan UKM Kab Way Kanan, PPKL, Dan juga 35 orang  peserta pelatihan.

Baca Juga :  Pastikan Pelayanan Berjalan Baik, Pjs. Bupati Pesibar Sidak di Enam OPD

Dalam sambutan nya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung ” Dr.AGUS NOMPITU.S.E,.M.TP” menyampaikan bahwa pada saat ini dampak Pandemi  Covid 19 sangat berpengaruh pada perekonomian.

“Pada Triwulan pertama itu turun di angka 1,73 %. Kemudian kemarin Evaluasi Triwulan ke dua itu sudah minus 3,57 %. Dan ini Triwulan ke Tiga sudah memasuki Triwulan ke Empat kita misalnya kita masih dalam kondisi Negatif maka bukan tidak mungkin kondisi kita ini akan menghadapi RESESI EKONOMI.” Ungkap Agus.

Tambahnya, Ada 80 Koperasi dan 3.481 UMKM yang terdampak Covid 19 di provinsi lampung semuanya di sektor Rill, sudah saatnya pengurus Koperasi di latih dan mendapatkan sertifikasi, Kompetensi, jadi tidak asal-asalan.

Baca Juga : 

Selanjutnya, Agus mengatakan kita sudah ketahui bahwa Gubernur Lampung saat ini ARINAL DJUNAIDI sedang mencanangkan program KARTU PETANI BERJAYA ( KPB ) dan dalam KARTU PETANI BERJAYA Yaitu berbasis Aplikasi agar supaya tata niaga nya dari hulu sampai hilir.

Jadi untuk mendukung program Gubernur Lampung saat ini kami dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung mencanangkan program OVOK” One Village One Koperasi “. Dengan ini kita sinergikan dengan BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa ).

Harapan kita dengan melalui kerja sama dengan BUMDES ini Ekonomi di desa dapat tumbuh dan berkembang.
” Insyaallah kedepan nya kita dapat melakukan pemulihan Ekonomi dan memasuki Era New Normal kita bisa memacu pertumbuhan Ekonomi. Oleh karena itu dalam pembukuan Koperasi di upayakan berbasis Komputerisasi akan kita benahi secara bertahap untuk menuju Koperasi yang Modern,” Pungkas Agus.

Facebook Comments