Kabupaten Muaro Jambi Gelar Rakor Terkait Zona Merah Jelang Idul Fitri

  • Whatsapp
Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busyro, S.E. memimpin rapat kordinasi terkait zona merah dan persiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang dilaksanakan di Ruang Nang Inang Kantor Bupati Muaro Jambi, Jumat (07/05). Foto: Rhadi

Muaro Jambi – Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busyro, S.E. memimpin rapat kordinasi terkait zona merah dan persiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang dilaksanakan di Ruang Nang Inang Kantor Bupati Muaro Jambi, Jumat (07/05).

Rakor ini dihadiri langsung oleh, Sekda Kab. Muaro Jambi Ir. Azrin,M.si, Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto,S.I.K.,M.H, Pabung Kodim 0415/Bth Mayor Inf Syafendi, S.ag, Assiten II Sekda Kab.Ma Jambi Erlina.S.H, Assisten III Sekda Kab. Ma Jambi Junaidi,SP. Kadis Dishub M.Havis, Kadis Disparpora Bpk. Ridwan, kadis Dinas PMD R. Najmi, Kalaksa Bpbd kab muaro jambi bpk Firdaus.S.ag, Kabid bapeda Muaro Jambi M. taufik hidayat, Kasi intel Kajari Muaro jambi Ahmad fauzan,S.H, Camat sekabupaten Muaro jambi.

Bupati Muaro Jambi menyampaikan “Rapat koordinasi hari ini guna menyikapi kondisi Kab Muaro jambi terkait penyebaran covid 19. Wilayah kita merupakan salah satu Kab zona merah. Menyikapi ini kegiatan ibadah saat perayaan idul fitri seperti sholat Idul Fitri untuk tidak dilaksanakan, sesuai himbauan Menteri agama,” ujarnya.

Baca Juga :  Kapolda Jambi Pimpin Sertijab Karo Ops dan Kapolres Muarojambi

“Kita harus mengingatkan masyarakat bahwa pelaksanaan 3M itu memang penting, untuk menghindarai penyebaran covid 19. Kita dapat berkaca pada kejadian penyebaran covid di negara india, satu hari ada 1000 kasus kematian. Jangan sampai peristiwa ini sampai kenegara RI. Polres muaro jambi saat ini sudah membuat suatu aplikasi dg nama Disico yg dapat membantu kita memantau kejadian kasus covid dijambi khususnya Muaro Jambi,” tambah bupati.

Kapolres Muaro Jambi menyampaikan arahan, “Saat ini wilayah Muaro jambi status zona mengalami peningkatan status dari zona orange naik ke zona merah. Saat ini pasien positif diwilayah kab Muaro jambi ada 227 orang saat ini rawat BKD 36, Rumah sakit umum 12, Bapelkes 26, Man Cendikia dan isolasi mandiri dirumah. Saat ini zona orange tingkat kec adalah wil jaluko,” jelasnya.

Baca Juga :  Polres Muarojambi Gerak Cepat Berantas Aksi Pungli dan Premanisme

“Kemarin kita sudah mengadakan kegiatan yg mengundang para pengusaha pertokoan, pengelola tempat wisata dan tokoh agama tentang status wil muaro jambi zona merah dan merekomendasikan kepada bupati untuk tempat wisata agar ditutup guna pencegahan penularan covid 19. Tempat ibadah melaksanakan giat ibadah sebayak 50% dgn menyiapkan prokes yg ketat, serta untuk tempat perbelanjaan agar membatasi pengunjung dan menjaga jarak,” paparnya.

“Harapan kita semua agar para camat dapat melakukan kegiatan himbauan kepada masyarakat diwilayah masing- masing terkait posko yang ada di setiap desa dapat mengumumkan anggaran desa untuk membangun fasilitas umum penangganan covid 19. Kita harus mematuhi Peraturan Pemerintah Pusat yaitu melalui Surat edaran Menteri Agama, untuk itu agar Kemenag untuk segera mengedarkan Surat tersebut ke Pemerintah Desa dan kita Pemerintah Daerah melakukan pengawasan,” harap Kapolres.

Baca Juga :  BPN Muarojambi Gerak Cepat Sosialisasi Pembebasan Jalan Tol

Tempat wisata seperti Candi Muaro dan Jambi Paradise banyak dikunjungi dari kota dimana kota Jambi merupakan zona merah sehingga untuk keselamatan masyarakat Kab. Muaro Jambi maka tempat wisata untuk sementara ditutup menunggu situasi kembali zona orange.

Untuk tempat belanja tempat belanja ada tempat yang sifatnya kebutuhan masyarakat sehari-hari untuk tetap dibuka. Kab. Muaro Jambi merupakan daerah penyangga sehingga permasalahan surat keterangan dari RT keluar masuk kota tidak ada batasannya.

“Kita harus meningkatkan kegiatan untuk pencegahan penyebaran covid-19, seperti penyemprotan desifektan dan himbauan kepada masyarakat untuk wajib menggunakan masker. Akan dikeluarkan kembali surat keputusan Bupati tentang team penindakan dan pelaksanaan himbauan prokes kepada masyarakat,” ujar Kapolres. ( RH)

Facebook Comments