Jembatan Gumanti Pedagung Putus, Akses warga ke Sawah dan Makam Terganggu

  • Whatsapp
Jembatan Gumanti Pedagung Putus, Akses warga ke sawah dan makam terganggu

PEMALANG – Hujan yang mengguyur sejak Selasa dinihari sekitar pukul 03.00 WIB menjadikan air di Sungai Gumanti meluap, akibatnya, Jembatan Gumanti yang menjadi akses bagi warga Desa Pedagung Kecamatan Bantarbolang ke sawah dan makam terganggu.

Kasi Pemerintahan Desa Pedagung Kecamatan Bantarbolang Gustoro menyampaikan, jembatan putus pada Rabu sore (24/11) sekitar pukul 17.30 WIB, penyebabnya karena intensitas hujan tingi sehingga air meluap dan jembatan yang terendam tidak kuat sehingga putus. “Beruntung saat kejadian tidak ada yang melintas,” ujarnya kepada Tim Media , Jum’at (26/11/2021).

Gustoro mengatakan, jembatan dengan panjang 15 meter dan lebar 2 meter itu putus dan di bagian tengah hingga turun sampai ke dasar sungai, sehingga warga yang akan melintas terpaksa harus jalan kaki dan berhati-hati. Padahal jembatan tersebut dipakai untuk mobilitas warga atau petani berangkat dan pulang ke areal persawahan miliknya.

Baca Juga :  Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Pemancing di Sungai Comal

“Di sekitar jembatan ada 10 hektar lebih yang saat ini masih ditanami padi baru tanam sekitar 15 hari,” kata Gustoro

Menurutnya, jembatan tersebut sangat penting bagi kepentingan warga yang akan ke sawah maupun ke pemakaman umum. Oleh karenanya, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke BPBD via WA, termasuk ke Muspika bantarbolang dan alhamdulillah paginya dari Muspika datang mengecek kondisi jembatan.

“Sudah dirapatkan di tingkat desa, tinggal menunggu persetujuan dari BPD untuk segera dilakukan perbaikan,” terangnya.

Meski dari BPBD menyarankan untuk dibuat jembatan darurat atau sementara, namun sesuai anjuran Pak camat agar segera diperbaiki menggunakna anggaran darurat agar akses warga ke persawahan maupun ke sawah bisa lancar tanpa terkendala.

Baca Juga :  Mayat Tanpa Identitas Ditemukan Pemancing di Sungai Comal

“Semoga segera terwujud rapat dengan BPD, setelah itu diputuskan untuk segera dikerjakan,” harap dia (tris,rd)

Pos terkait