Intip Serunya Lomba di Festival Sungai Mesuji

  • Whatsapp

MESUJI – Berbagai perlombaan terus dihelat memeriahkan HUT ke-11 Kabupaten Mesuji. Kali ini, Festival Sungai Mesuji, dengan berbagai lomba seperti, balap perahu dayung, getek dan sepeda angsa, cukup menyedot perhatian warga.

Lomba yang dipusatkan di Sungai Wiralaga yang menjadi salah satu Icon Pariwisata Kabupaten Mesuji, yang juga menjadi desa tertua, diikuti oleh sekitar 50 peserta, meliputi seluruh Forkopimda Mesuji, kecamatan, desa, perusahaan, masyarakat, dan pelajar. Peserta lomba, terdiri dari 18 tim perahu dayung, 22 peserta perahu gètèk, dan 20 peserta balap sepeda angsa khusus pelajar, dengan jarak tempuh 2 kilo meter.

Plt Bupati Mesuji, Saply menjelaskan kegiatan perlombaan ini sebagai salah satu cara untuk melestarikan warisan budaya dan pariwisata di Kabupaten Mesuji sehingga bisa menarik wisatawan.

Baca Juga :  Tim Asnik Denpal II/3 Bandar Lampung Cek Ranmor Dinas Korem 043/Gatam

Menurutnya, sebelum berdirinya Kabupaten Mesuji, khususnya di aliran Sungai Mesuji terdapat 9 desa. Pada tahun 1876 Pangeran Mat pertama ke Mesuji , saat peringatan Agustus lomba dayung antar suku telah dilaksanakan.

“Sampai sekarang dilestarikan sehingga saat ini juga telah menjadi ajang event internasional. Kegiatan ini sangat identik dengan Suku Mesuji. Budaya yang ditinggalkan para pendahulu harus kita pertahankan bertujuan untuk mempersatukan masyarakat,” ungkapnya. (*)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.