Ini Visi dan Misi Wardoyo, Bakal Calon Lurah Pacarejo

  • Whatsapp
Wardoyo, Bakal Calon Lurah Pacarejo

Gunungkidul – Wardoyo, salah satu Bakal Calon Lurah Pacarejo menyampaikan tentang visi dan misi di kediamannya padukuhan Tonggor kalurahan Pacarejo kapanewon Semanu dihadapan para awak media, Selasa (14/09/2021).

Saat menyampaikan visi dan misi dalam bentuk format pdf yang merupakan rumusan umum mengenai kondisi periode perencanaan pembangunan yang ingin dicapai pada akhir jangka menengah 6 (Enam) tahun.

VISI pembangunan Jangka Menengah Kalurahan Pacarejo Periode 2021-2027, yang selanjutnya disebut sebagai VISI pembangunan Kalurahan. Dalam RPJM Kalurahan Pacarejo 2021-2027 merupakan penjabaran dari VISI Lurah Kalurahan Pacarejo.

Visi tersebut menjawab permasalahan dan isu strategis Kalurahan, dengan mengintegrasikan Isu strategis Pemerintah daerah Secara Regional dan Nasional sesuai kondisi lingkungan dan sumberdaya yang dimiliki Kalurahan Pacarejo, sejalan dengan VISI dan arah pembangunan jangka panjang Kabupaten Gunungkidul.

Didalam Permendagri 112 Tahun 2014 Pasal 28 Ayat 2 bahwa yang dimaksud Visi adalah Keinginan yang akan dicapai dalam jangka waktu masa jabatan Lurah, dengan mempertimbangkan potensi, kondisi, permasalahan, tantangan dan peluang yang ada di.Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu Kabupaten Gunungkidul, maka kondisi yang ingin dicapai pada periode 2021-2027adalah:

Baca Juga :  Jajaran Polres Gunung Kidul Patroli Antisipasi Balap Liar di JJLS Rongkop

“TERWUJUDNYA KALURAHAN PACAREJO YANG LEBIH MAJU, TERTATA DAN SEJAHTERA”

VISI di atas menggambarkan makna pembangunan yang diharapkan akan dicapai oleh Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2021-2027, dengan Substansi

VISI sebagai berikut:

1. Terwujudnya Kalurahan yang maju dan tertata ditandai dengan

a. Meningkat dan terbangunnya Institusi yang lebih baik terutama reformasi birokrasi yang terus disempurnakan

b. Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melaui bidang Pendidikan dan Kesehatan

c. Meningkatnya Iklim Investasi di Kalurahan Pacarejo

d. Meningkatnya ilmu pengetahuan (IPTEK) dan Inovasi untuk menciptakan Produktivitas masyarakat dalam kegiatan Ekonomi

e. Meningkatnya Pembangunan Industri Rumah Tangga, Industri Kecil dan menengah dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) setempat

f. Meningkatnya Kualitas Sarana Prasarana Lingkungan dan Fasilitas Umum

g. Meningkatnya Pendapatan Asli Kalurahan dengan mengoptimalkan pada penataan Aset Kalurahan

Baca Juga :  Badan Kesbangpol Gunung Kidul Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Tanjungsari

2. Terwujudnya Kalurahan Yang Sejahtera, yaitu merupakan pernyataan keunggulan dari berbagai potensi di Kalurahan Pacarejo dimana kondisi tercukupinya masyarakat Pacarejo secara lahir dan batin yang memenuhi 17 unsur SDGs.

Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, berpedoman pada VISI Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul yang tertuang dalam Peraturan Bupati Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2020-2024 yaitu: “TERWUJUDNYA PENINGKATAN TARAF HIDUP MASYARAKAT GUNUGKIDUL YANG BERMARTABAT”, Serta selaras dengan Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2018 tentang Rencana.Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017-2022 yaitu: “TERWUJUDNYA PENINGKATAN KEMULIAAN MARTABAT MANUSIA JOGJA”

MISI adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan VISI.

Rumusan MISI disusun untuk membantu memperjelas penggambaran VISI yang ingin dicapai, dan membantu menguraikan upaya-upaya strategis yang harus dilakukan secara teknis. Rumusan MISI in ipenting untuk memberikan kerangka bagi perumusan tujuan dan sasaran yang harus dicapai untuk.mewujudkan VISI Kalurahan. (Permendagri 112 Tahun 2014 Pasal 28 Ayat 3 ) Upaya “TERWUJUDNYA KALURAHAN PACAREJO YANG LEBIH MAJU, TERTATA DAN SEJAHTERA”

Baca Juga :  Jajaran Polres Gunung Kidul Patroli Antisipasi Balap Liar di JJLS Rongkop

Maka MISI Pembangunan Kalurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu Kabupaten Gunungkidul pada periode 2021–2027 adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Memantapkan Tranformasi Birokrasi dan Pemberdayaan Masyarakat;

3. Meningkatnya Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang Pendidikan, Kesehatan,Teknologi, Inovasi dan Komunikasi

4. Meningkatkan dan mengembangkan seni budaya dan pariwisata

5. Meningkatkan Kemampuan Pengelolaan Aset Kalurahan untuk peningkatan Pendapatan Asli Kalurahan

6. Meningkatkan Iklim Investasi, Menumbuhkan dan mengembangkan usaha-usaha kecil dan Koperasi serta industri UMKM

7. Meningkatkan Pembangunan Sarana dasar Lingkungan dan Fasilitas Umum

8. Meningkatkan Kegiatan Pengarus Utamaan Gender, Kepemudaan dan Olah Raga

9. Meningkatkan Usaha-Usaha Masyarakat Bidang Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan dan Pengolahan Hasil.

Demikian visi dan misi sampaikan oleh Wardoyo kepada wartawan..(Mungkas)

Facebook Comments