Ingat, Jangan Pasang APS Sembarangan

  • Whatsapp

BANDARLAMPUNG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung mengingatkan agar para calon kepala daerah (cakada) kota setempat tak memasang Alat Peraga Sosialisasi (APS) sembarang tempat atau pada area yang tak diperbolehkan.

“Kami minta agar calon kepala daerah tak memasang APS di tempat-tempat yang tak diperbolehkan, seperti pohon, kantor pemerintahan, dan pendidikan,” kata Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansah, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, banyak alat peraga sosialisasi yang bertebaran di 20 kecamatan di Kota Bandarlampung telah meresahkan masyarakat dan dinilai telah melanggar peraturan daerah (perda) tentang estetika pemasangan APS.

Ia pun meminta agar para calon itu memperhatikan hal tersebut, dan memberikan pendidikan politik yang sesuai dengan etika berpolitik kepada masyarakat Kota Bandarlampung.

Baca Juga :  Danrem 043/Gatam Hadiri Rakor Evaluasi PPKM Mikro di Provinsi Lampung

“Saya yakin setiap calon dalam pilkada paham hal ini, bukan masalah mereka akan ditetapkan pada Juli, melainkan memang ada perda yang melarang pemasangan APS di sembarangan tempat dan harus sesuai dengan estetika di Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung,” ujarnya pula.

Candrawansah pun sudah meminta agar pemkot menertibkan APS telah terpasang sedikitnya 1.259 APS yang berada di pohon dan 979 APS di tiang listrik.

Dia mengatakan, Bawaslu sampai saat ini memang belum punya tanggung jawab menertibkan, namun dalam regulasi pihaknya memiliki tugas mencegah.

“Maka dari itu, kami mengimbau semua calon pilkada tak memasang APS di tempat yang tak diperbolehkan tersebut,” ujarnya pula.

Baca Juga :  Kodim 0410/KBL Grebek Sungai Bersama Masyarakat

Direktur Walhi Lampung Irfan Tri Musri mendukung penuh Bawaslu yang menginginkan adanya penertiban APS di tempat yang tak seharusnya terutama di pohon-pohon yang ada di Kota Bandarlampung.

“Yang diinginkan Bawaslu tentunya sama dengan keinginan kami, sebagai penyelenggara pemilu mereka harus sering berkoordinasi dengan pihak terkait seperti pemkot dan partai politik menertibkan pemasangan APS. Juga mengimbau calon untuk memasang poster-poster sesuai dengan peraturan,” kata dia pula. (ant)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.