Indomaret Kalibalangan Jual Barang Kadaluarsa

  • Whatsapp
Selai kacang telah kadaluarsa yg dibeli di Indomaret kalibalangab

Lampung Utara – Salah satu toko Indomaret yang berada di Desa Kalibalangan , Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, diduga menjual barang makanan tidak layak konsumsi Kadaluarsa masa tegang Expired sudah melampaui batas,  Senin (30/08/2021).

Menurut keterangan Jualiardo yang diminta tantenya Meli untuk membeli makanan Selai Kacang merk  ”SKIPPY” di Indomaret, usai dirinya mengisi minyak mobil di Pertamina.

Setelah dirinya sampai di Indomaret langsung mencari makanan Selai Kacang merek SKIPPY sesuai pesanan setelah ditemukan Sele Kacang tersebut, Jualiardo langsung menuju meja kasir melakukan transaksi pembayaran.

“Sesudah pembayaran saya pun, keluar dan meninggalkan tempat kasir, setiba diluar Indomaret sekira 20 meter terlintas dengan pemikiran saya , untuk melihat tanggal Expired pada makanan tersebut.” ucapnya.

Baca Juga :  Tak Hanya di PTUN, Penggugat Akan Laporkan Indikasi Mafia Tanah HGU PT. HIM ke Polisi dan KPK

“Ternyata Sele Kacang (SKIPPY) yang saya beli di Indomaret sekira pukul 9 pagi , masa waktu Expayer sudah habis , terhitung sudah 7 tuju hari dari tanggal batas yang ditentukan (23/8/21),” lanjut Jualiardo.

Ketika itu juga Jualiardo langsung konfirmasi karyawan Indomaret , menanyakan barang sudah habis Expired masih Indomaret jual dengan konsumen,
“karyawan setelah melihat tanggal yang tertera pada makanan , lansung menjawab , maaf bang kita ganti aja ,itu kelalaian dari kami ,” beber Jualiardo.

Sementara itu, pihak Indomaret melalui kepala Gudang Indomaret insial (Pr) mengatakan bahwa menbenarkan ada konsumen yang belanja barang tanggal Expired, tapi menurut Pr itu kelalaian petugas.

“Ya pak itu kelalaian petugas Indomaret , saya meminta maaf , atas kejadian ini, dan tadi sudah mau diganti ,tapi bapak itu tidak mau,untuk kedepan tidak akan kami ulangi lagi pak ,” kata dia.

Baca Juga :  Bank Lampung Dukung Galeri Dekranasda Hadir di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni 

Selang beberapa waktu pasca ada komunikasi Pr Kepala Gudang bersama Redaksi FFI, Kemudian datang dua oknum (LSM) meminta permasalahan tersebut agar tidak dipublikasikan, terkait adanya temuan barang Expired di Indomaret Kalibalangan.

Dikutip dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 ” Perlindungan Konsumen,
Selain ancaman pidana, terhadap pelaku usaha dapat juga dijatuhkan hukuman tambahan, berupa Pasal 63 Perlindungan Konsumen. Apabila barang tersebut telah dicantumkan tanggal kadaluwarsanya, telah melewati jangka waktu dan masih diperjualbelikan, maka penggunaan / pemanfaatan barang tersebut sudah tidak baik dan tidak layak dikonsumsi.

Terkait dengan kondisi barang yang tidak layak untuk dikonsumsi,selaku konsumen, memiliki hak atas kenyamanan,kemanan dan keselamatan mengkonsumsi barang, diatur dalam pasal 4 huruf a UU Perlindungan Konsumen. (Red)

Baca Juga :  Prajurit dan PNS Korem 043/Gatam Ikuti Vicon Kesehatan Tentang Serangan Jantung

Pos terkait